Polres Bateng Amankan 8 Tersangka Curat Mesin Tempel Bernilai Ratusan Juta

kasmirudin
Polres Bateng Amankan 8 Tersangka Curat Mesin Tempel Bernilai Ratusan Juta
Polres Bangka Tengah saat menggelar konferensi pers hasil penangkapan sindikat pencurian motor tempel perahu, Senin (22/7/2019). (Foto: Faisal)

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Jajaran Polres Bangka Tengah berhasil membekuk tersangka pencurian dengan pemberatan (Curat) dengan barang bukti 8 perahu tempel, 1 sepeda motor, dan 2 onderdil mobil pick up.

Kedelapan mesin tempel (MT) bernilai ratusan juta rupiah tersebut, bermerek Yamaha Enduro 25 PK, Yamaha Enduro 40 PK, Yamaha Enduro 15 PK, Tohatsu 18 PK, Mercury 18 PK, Tohatsu 18 PK, Tohatsu 9.8 PK dan Yamaha Enduro 25 PK model E25BMHL.

Saat konferensi pers, Kapolres Bangka Tengah AKBP Edison Ludy Bard Sitanggang mengatakan, saat ini belum diketahui siapa pemilik ke 8 mesin tempel tersebut. Karena lokasi tempat kejadiannya lintas kabupaten.

"Pihak kepolisian masih menindaklanjuti Laporan Polisi (LP) kehilangan mesin perahu tempel di tiga TKP di Kecamatan Koba yakni Desa Nibung, Kurau dan Penyak," jelasnya.

Kapolres menyampaikan, sejak Mei hingga Juli 2019 pihaknya sudah berhasil membekuk 4 tersangka pencurian dengan pemberatan mesin tempel perahu yang digunakan nelayan yakni JN alias Jon, SA alias Sup, JL alias Nijo, dan GN alias Gun, dari 3 LP dengan rincian 1 tersangka utama dan 3 tersangka penadah," ujar Kapolres didampingi Kabag Ops AKP Adi Purwanto dan Kasat Reskrim AKP Robby Ansyari.

Sambungnya, modus yang digunakan tersangka saat beraksi yakni pada malam hari dengan cara memotong tali mesin tempel dan diangkut menggunakan mobil yang menunggu tidak jauh dari TKP kemudian dijual ke penadah dengan harga jual Rp13-14 juta/unit.

"Para tersangka dikenakan Pasal 363 ayat 3 dan 4 dengan ancaman 7 tahun penjara. Saat ini kami masih terus melakukan pengembangan kasus ini," ucapnya.

Kapolres Mengimbau kepada masyarakat bagi yang merasa kehilangan mesin tempel perahu, untuk segera melaporkan ke Mapolres Bangka Tengah.

"Imbauan kepada masyarakat Bangka Tengah, apabila merasa kehilangan mesin tempel silakan melaporkan ke Polres Bangka Tengah dan Polsek. Termasuk juga yang sudah membuat laporan silakan mengecek mesinnya yang hilang," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review