Promosikan Pariwisata Bangka Lewat Medsos

Admin
Promosikan Pariwisata Bangka Lewat Medsos
foto :Dok @explorebangka

ASTRI Nur Mentari, sosok anak zaman now yang dekat dengan media sosial ini tak asing lagi dikalangan pengguna media sosial berbasis foto seperti Instagram. Penyampaian informasi menjadi lebih cepat dibagi dan diterima satu sama lain. Itulah tren anak muda zaman now.

Memanfaatkan peluang itu mendorong Astri Nur Mentari atau yang akrab disapa Ntin membuat akun @explorebangka. Tujuannya adalah sebagai wadah informasi wisata di Bangka sekaligus mengobati rasa rindunya tentang Pulau Bangka. Ntin yang sejak 2011 merantau ke Jakarta mengaku sering terkendala harga tiket yang mahal membuatnya tidak bisa terlalu sering pulang ke kampung halaman tercinta.

 “Ide awal membuat akun ini karena sekitar tahun 2014 belum banyak akun instagram yang memberikan informasi terkini tentang perkembangan Pulau Bangka, khususnya mengenai objek wisata baru. Sedangkan media sosial sudah menjamur dan menjadi gaya hidup dikalangan anak muda. Mengapa tidak dimanfaatkan sebagai sarana untuk berbagi informasi?” tuturnya.

Di luar dugaan, akun @explorebangka kini telah memiliki hampir 30.000 pengikut dan lebih dari 100. 000tagar #explorebangka. Berawal dari iseng ingin membuat galeri pribadi tentang tempat wisata di Bangka dengan cara merepost foto milik orang, Ntin tidak menyangka akun ini mendapat sambutan yang sangat positif dari warganet tidak hanya di Pulau Bangka, tetapi juga di luar Bangka.

“Untuk foto yang akan direpost @explorebangka dari dulu hingga sekarang berdasarkan tag dan hastag. Diawal pembuatan akun ini tidak ada peminatnya sama sekali, bahkan pernah dimarahi dan dituduh mencuri kepemilikan foto meskipun sudah disertakan nama pemilik fotonya.

Namun sekarang setiap hari pengikutnya terus bertambah dan setiap mengunggah postingan baru selalu ada yang mengirimkan pesan melalui e-mail meminta fotonya di-repost.” ujar wanita 24 tahun ini. Dengan semakin banyak akun sejenis yang bermunculan, ia mengaku tidak merasa tersaingi.

“Malah merasa senang karena semakin banyak yang peduli dan semangat untuk memajukan pariwisata di Bangka,” lanjutnya. Di samping itu, akun-akun semacam ini telah turut membantu mempromosikan pariwisata Bangka secara kreatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi secara positif. Akun @explorebangka sendiri lebih difokuskan untuk mengekspos tempat-tempat wisata baru dan hits di kalangan anak muda.

Berdua dengan suaminya mengelola akun ini, ia senang dan berterimakasih atas banyaknya dukungan dan saran yang diberikan oleh warganet, hanya kadang beberapa orang sering memberikan masukan dengan kata-kata yang kurang sopan.

Kedepan ia berencana membuat website tentang wisata di Bangka, namun masih terkendala biaya karena untuk membuat website tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ia meminta doa dari warganet agar pembuatan website ini dapat segera terlaksana.

PR Pemerintah Baginya sejauh ini pariwisata di Bangka sudah mulai maju. Hanya saja, minimnya sarana transportasi bagi wisatawan untuk menjangkau objek wisata menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan pemerintah.

Wisatawan tentu akan senang berkunjung ke Bangka jika sarana prasarana serta akomodasinya lengkap dan mudah dijangkau. Kenyamanan menjadi kunci utama yang harus selalu dijaga agar semakin banyak orang yang ingin berwisata ke Bangka Belitung. “Alam dan budaya yang dijaga dan dilestarikan akan menjauhkannya dari kerusakan maupun kepunahan. Untuk seluruh masyarakat Bangka Belitung, mari bersama kita jaga dan lestarikan warisan keindahan alam dan budaya yang kita miliki saat ini,” imbaunya. (BBR)


Penulis :Tamara D
Editor   :Sanjay
Sumber :Babelreview