Proyek Penghijauan dari BPDAS Gagal Tumbuh

kasmirudin
Proyek Penghijauan dari BPDAS Gagal Tumbuh
Proyek penghijauan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai untuk kawasan hutan kota Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, sejak 2016 mengalami gagal tumbuh. (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Proyek penghijauan dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) untuk kawasan hutan kota Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, mengalami gagal tumbuh.

Sebanyak 4.500 batang bibit untuk proyek penghijauan yang ditanam di kawasan hutan kota Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah tersebut, gagal tumbuh dengan maksimal.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Tengah, Ali Imron mengatakan, Hanya 60 persen saja total bibit yang terlihat hidup, itu pun tidak tumbuh dalam keadaan normal.

"Proyek penghijauan dari BPDAS tersebut sudah dimulai sejak 2016 hingga habis masa pemeliharaan pada 2019, dengan luas tanam sekitar 30 hektare dengan tiap satu hektare ditanam 400 bibit tanaman,"ujarnya, Rabu (9/10/2019).

Ia menjelaskan, saat melakukan pengecekan di lapangan, penghijauan yang menghabiskan bibit sebanyak 12.000 batang tersebut tingkat keberhasilan hanya sekitar 60 persen dalam keadaan hidup itupun tidak normal.

"Pada 2019 ini akan dilakukan serah terima program tersebut kepada Pemkab Bangka Tengah, namun kondisinya tidak optimal. Tentu dengan keadaan ini kami akan membuat berita acara apa adanya, sesuai dengan kondisi di lapangan,"pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review