Pucuk Iding-Iding “disulap” Jadi Keripik Crispy  

Admin
   Pucuk Iding-Iding “disulap” Jadi Keripik Crispy   
foto:vera vlesia

KELAPAKAMPIT, BABEL REVIEW -- Sayur pucuk iding-iding memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, mulai dari manfaat penambah darah, mencegah gangguan jantung, menghilangkan nyeri, juga amat baik untuk antioksidan. Kebanyakan warga Belitung Timur (Beltim) mengolah pucuk iding-iding dengan dibuat sayur bening, dioseng dan lain-lain, namun Kelompok Upaya Peningkatan Pendapatan Ekonomi Keluarga Sejahtera (UPPKS) Kecamatan Kelapakampit membuat inovasi baru dengan mengolah sayur tersebut menjadi makanan ringan.

Anggota UPPKS Kelapakampit, Nurbaiti (49) mengatakan inovasi ini didapat karena melihat bahan baku pucuk iding-iding yang mudah didapat.“Bahan bakunya mudah didapat dan mengolahnya tidak terlalu susah. Aku rasa belum ada sebelumnya yang berinovasi seperti ini,” kata Nurbaiti saat mengolah pucuk iding-iding di Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Beltim, Rabu (13/11).

Nurbaiti mengungkapkan, sebelum mengolah daun iding-iding harus dicuci bersih dan dipisahkan daun dengan tangkainya. Kemudian haluskan bumbu-bumbu dan dicampur tepung serta air secukupnya, lalu aduk hingga memiliki kekentalan yang sedang. Selanjutnya daun iding-iding dimasukkan ke adonan tepung dan di goreng sampai matang dan renyah.

Ia berharap, upaya yang dilakukan masyarakat mendapat perhatian dari instansi terkait.

"Harapan kami tentunya dinas terkait bisa memperhatikan usaha-usaha kami ini agar berjalan lebih lancar dan maju,” tuturnya.Sementara itu, Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DKPPKB Beltim Hayadi akan menindaklanjuti inovasi baru ini agar bisa diproduksi dan dipasarkan sebagai makanan khas Beltim.

 “Kami akan menindaklanjuti terutama produk baru yang sama-sama kita praktekkan ini. Nanti kami akan mencoba untuk membuat produksi keripik ini dan kita coba untuk pasarkan,” ujarnya. (BBR)