Pupuk Subsidi 64 Ribu Ton Siap Disalurkan ke Petani Babel

kasmirudin
Pupuk Subsidi 64 Ribu Ton Siap Disalurkan ke Petani Babel
ilustrasi.

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --  Sebanyak kurang lebih  24.000 ton  pupuk subsidi jenis urea produksi PT Pusri siap  disalurkan ke petani Bangka Belitung. Selain urea, ada juga pupuk yang akan disalurkan ke wilayah Bangka Belitung antara lain 40.000 ton pupuk subsidi  jenis pupuk organic, pupuk ZA, SP-36 dan NPK Phonska produksi PT Petrokimia Gresik.

Terkait ketersediaan dan penyaluran  pasokan pupuk subsidi tersebut, pihak produsen PT Petrokimia Gresik dan PT Pusri bekerja sama dengan Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan sosialisasi mengenai sistem aturan mekanisme penyaluran pupuk subsidi kepada distributor dan  para pengecer atau penyalur dari enam kabupaten/kota se-Babel. 

 “Untuk tahun ini pengadaan  pupuk subsidi yang kami salurkan untuk wilayah Bangka Belitung  sebanyak 24.000 ton untuk stock jenis pupuk urea siap disalurkan untuk wilayah Bangka Belitung”, ungkap Direktur Pemasaran PT Pusri M Romli.

Hadir dalam kegiatan siang itu Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman yang juga memberikan pengarahan kepada para distributor dan pengecer serta Kepala Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam paparannya Direktur Pemasaran PT Pusri M Romli HM memberikan arahan dan himbauan khususnya dalam penyaluran dari pupuk subsidi yang akan disalurkan melalui distributor yang telah ditetapkan untuk selanjutnya menyalurkan kepada pihak pengecer yang kemudian akan menjual kepada para petani.

Arahan dan himbauan agar dalam penyaluran pupuk subsidi sesuai dengan ketentuan dan mekanisme aturan yang ditetapkan dalam hal ini petunjuk rencana definitif kebutuhan kelompok atau RDKK diungkapkan oleh Direktur pemasaran PT. PUSRI, M.Romli HM kepada para pengecer.

“ Tolong dalam penyaluran pupuk subsidi harus mengacu pada RDKK  namun apabila ada petani yang seyogyanya berhak namun memiliki keterbatasan  serta belum masuk dalam RDKK agar diarahkan untuk masuk dalam kelompok tani sehingga bisa petani tersebut mendapatkan pupuk subsidi “, ungkap M.Romli HM

Adapun perusahaan yang ditunjuk pemerintah  sebagai distributor dalam penyaluran pupuk subsidi wilayah Bangka Belitung diantaranya PT. Globu Sartha Internusa, PT YUNELDO Berjaya dan CV. Wenesa Cipta Gemilang.

Pentingnya menjaga stabilitas harga pupuk subsidi di pasar agar tidak melebihi dari HET dan mengenai ketersediaan pasokan pupuk yang ada di pengecer, juga disampaikan M.Romli HM dalam arahannya mengenai penyaluran dari pupuk subsidi pemerintah.

Sementara itu, sejumlah masukan juga disampaikan oleh Gubernur kepada pihak produsen PT PT. Petrokimia Gresik dan PT. Pusri sebagai perusahaan yang ditunjuk dalam pengadaan pupuk subsidi. Masukan terkait  menjaga kualitas pupuk agar tidak rusak yang dapat terjadi selama proses pengiriman, penyaluran dan penyimpanan di gudang.  Selain menjaga kualitas kandungan pupuk yang tidak rusak, dalam kesempatan tersebut gubernur juga memberikan arahan mengenai penggunaan pupuk yang tepat guna.   (BBR)


Penulis  : Kusuma                               
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review