Raih Juara di Kejurda Belitung, Kondisi Cabor Tinju Bangka Tengah Butuh Perhatian

kasmirudin
Raih Juara di Kejurda Belitung, Kondisi Cabor Tinju Bangka Tengah Butuh Perhatian
Tiga Petinju asal Bangka Tengah menjadi juara pada Kejuaraan Daerah (Kejurda), memperebutkan Piala Danlanud di Kabupaten Belitung, Sabtu (27/7/2019) malam. (Foto: Ist)

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Tiga Petinju asal Bangka Tengah berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Ketiga petinju menjadi juara pada Kejuaraan Daerah (Kejurda), memperebutkan Piala Danlanud di Kabupaten Belitung.

Dari Delapan Kelas yang dipertandingkan, PB Pertina (Persatuan Petinju Nasional) Bangka Tengah mengirimkan sebanyak Tiga atlet tinju dan ketiganya berhasil menjadi juara pada ajang tesebut

Ketiga petinju asal Kabupaten Bangka Tengah menjadi juara di Tiga kelas yang berbeda pada kejuarda di Kabupaten Belitung, diantaranya Ilham Tapajati kelas 52 kg, Jody Ramadhan kelas 64 kg dan M.Nizam kelas 69 kg.

Pelatih Tinju Bangka Tengah, Anton mengatakan, mengikuti ajang Kejurda memperebutkan Piala Danlanud Belitung tersebut merupakan inisiatif dirinya sebagai pelatih tinju Pertina Bangka Tengah.

"Dalam mengikuti ajang ini, terus terang kita bermodalkan nekat untuk mengirim sebanyak Tiga atlet tinju kita dan Alhamdulillah pada final Sabtu (27/7/2019) malam, ketiga petinju kita juara dan yang lebih hebatnya lagi ketiga Petinju kita berhasil menang KO dironde pertama semuanya, dan untuk Ilham Tapajati mendapat piala petinju terbaik,"ungkapnya kepada Babel Review, Senin (29/7/2019) siang.

Ia menyampaikan, dengan dana seadanya untuk mengikut ajang kejuaraan Piala Danlanud tersebut, tidak membuat para atlet tinju Bangka Tengah patah semangat namun malah sebaliknya.

"Modal keberangkatan kita ini berkat dukungan dari Pak Bupati Bangka Tengah dan Pak sekda untuk menanggung tiket keberangkatannya dan untuk biaya yang lainnya saya sendiri yang menanggungnya," bebernya.

Ia mengatakan, sebenarnya untuk Pertina Bangka Tengah ini prestasinya sudah sangat luar biasa baik itu tingkat daerah maupun tingkat nasional.

"Tinju kita ini sudah cukup disegani untuk di Bangka Belitung ini, hanya yang menjadi permasalahan saat ini yaitu masalah pembinaan dari daerah baik itu Pertina maupun KONI sendiri,"ungkapnya

Hanya saja, meskipun tinju Bangka Tengah sudah berprestasi dirinya mengungkapkan ketika dirinya bergabung dengan Bangka Tengah pada Tahun 2013 yang lalu, merasa dirinya hanya kerja sendiri untuk membesarkan tinju di Bangka Tengah ini.

"Dukungan KONI ada namun pada mengikuti ajang ini, KONI sedang tidak pencairan untuk anggaran 2019 ini, jadi disuruh menggunakan dana sendiri dulu nanti baru diganti seperti itu bahasa mereka. Namun, setiap kali harus seperti ini terus," ungkapnya.

Ia pun berharap kedepan cabang olahraga tinju mendapat perhatian pemerintah daerah khususnya terhadap atlet tinju, ini agar mendapat pembinaan. Karena prestasi atlet tinju Bangka Tengah sudah lumayan dan sudah tembus PON. Khusus untuk Ilham, beberapa waktu yang lalu lolos ikut Olimpiade Tinju Militer di China.

"Kalau tidak dilakukan pembinaan dengan baik, saya khawatir untuk Porprov 2022 nanti tinju sudah punya pesaing seperti Bangka Utara walaupun belum terbentuk Kabupatennya, namun Pertinanya sudah mengirim atlet. Begitu juga dengan Kabupaten Belitung, atlet tinjunya juga sudah mulai bagus. Harapan saya perhatian dari kawan-kawan di Bateng untuk lebih serius membina cabor tinju guna menghadapi Porprov di Bangka Barat nanti," tandasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review