Ratusan Relawan Ramaikan Jambore Relawan Lingkungan

kasmirudin
Ratusan Relawan Ramaikan Jambore Relawan Lingkungan
Jambore Relawan Lingkungan. (Foto: Istimewa)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar Jambore Relawan Lingkungan yang rencananya akan diikuti 500 relawan yang terdiri dari mahasiswa, pramuka dan berbagai komunitas di Bangka Belitung.

Mengusung Tema kegiatan “Aku Bahagia Sebagai Relawan Lingkungan” kegiatan ini akan dilaksanakan  pada hari Jum'at hingga Minggu, tanggal 8-10 November 2019 di Taman KEHATI Camping Ground Hutan Pelawan Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah.

Ketua ForDAS Babel, Fadillah Sabri mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan menyambut peringatan Hari Pahlawan dan Hari Menanam Pohon Indonesia.

Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan dan dalam rangka menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), diharapkan menjadi salah satu cara untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan serta menumbuhkan jiwa kepahlawanan dan kepedulian terutama terhadap lingkungan.

"Dengan dilandasi kesungguhan dan semangat nilai kepahlawanan, bukan hal mustahil bagi kita untuk mengatasi segala perasalahan yang ada di sekitar kita. Salah satu masalah yang tak kalah penting dalam perkembangan dan kemajuan bangsa adalah permasalahan lingkungan," katanya kepada awak media, Kamis (7/11/2019).

Dijelaskan Fadillah, lingkungan merupakan bagian terpenting bagi suatu kehidupan. segala sesuatu yang ada di sekitarnya saling berhubungan dan memiliki peran timbal balik satu dengan yang lain. Namun  sayangnya dengan pesatnya pertumbuhan dan kemajuan zaman,  lingkungan seakan terus tergerus, tidak hanya unluk kawasan pemukiman tetapi juga dieksploitasi kekayaan mineralnya dimana salah salunya adalah timah.

Sejak tahun 2000 kegiatan penambangan timah secara ilegal di Bangka Belitung semakin marak dan banyak menyisakan kolong-kolong dan lahan-lahan yang tandus, akibat rusaknya kawasan hutan baik hutan lindung maupun konservasi. Untuk itu Forum Das Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak kawula muda untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan alam di sekitar melalui kegiatan yang positif. Salah satunya dengan mengadakan perkemahan yang dikemas dalam bentuk Jambore.

"Hal ini sebagai upaya menumbuhkan nilai kepahlawanan untuk lingkungan. Selain meningkatkan kesadaran akan pentingnya peranan lingkungan bagi kehidupan, juga diharapkan para peserta dapat lebih peka terhadap penanggulangan bencana serta menjadikan mereka sebagi pemuda pemudi yang lebih kreatif," ungkapnya.

Berbagai acara menarik akan diselenggarakan pada kegiatan Jambore tersebut, seperti menanam pohon di lahan kritis, pemberian soft skill kepada para peserta Jambore, upacara peringatan Hari Pahlawan versi ForDAS dan acara menarik lainnya. (BBR)


Penulis  : Diko
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review