Rio Setiady : Penegakan dan Sosialisasi Perda Masih Lemah

Admin
Rio Setiady : Penegakan dan Sosialisasi Perda Masih Lemah
Foto:Gusti

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --- Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady mengatakan, pengawasan dan penindakan terhadap pelaksanaan peraturan daerah (perda) di Kota Pangkalpinang masih lemah.

Ia memberikan contoh tentang perda yang mengatur penggunaan trotoar. Menurutnya, kendaraan yang parkir di atas trotoar melanggar Peraturan Daerah (Perda) Ketertiban Umum (Tibum) Tahun 2018.

"Sesuai dengan peruntukan trotoar untuk pejalan kaki. Jadi kita memang lemah di pengawasan dan penindakan perda, karena trotoar tetap penggunaannya untuk pejalan kaki jangan digunakan untuk yang lain, baik parkir, berdagang ataupun aktifitas yang tanpa izin," jelas Rio saat ditemui BBR, Rabu, (11/9).

Dikatakan Rio, trotoar boleh digunakan untuk aktifitas apabila sudah memiliki izin dari dinas terkait. "Kalau tidak ada izin, itu pelanggaran perda," jelasnya.

Rio juga meminta kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk melakukan pemantauan yang bersifat berkala maupun inspeksi mendadak.

"Jangan sampai hal seperti ini menjadi hal biasa, terus menjadi pembenaran oleh masyarakat. Sama halnya dengan pedagang pasar pagi yang terlalu lama menjamur, saya khawaitir tiba- tiba ditertibkan untuk menegakkan perda mereka jadi ribut," bebernya.

Ia juga berharap, Pemkot Pangkalpinang untuk segera mengatasi permasalahan parkir di Kota Pangkalpinang.

"Kita harap pemkot dapat melakukan pendekatan persuasif, dalam menegakkan perda Kota Pangkalpinang, sebagai Kota Beribu Senyuman," harap Rio. (BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    : Atik
Sumber : Babel Review