SDN 10 Pangkalpinang Juara Umum Lomba Cerdas Matematika

kasmirudin
SDN 10 Pangkalpinang Juara Umum Lomba Cerdas Matematika
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung kembali mengadakan Lomba Literasi dan Cerdas Matematika (LLCM) yang diselenggarakan selama dua hari yaitu 9-10 Oktober 2019. (Foto: Ist)

PANGKALANBARU, BABELREVIEW.CO.ID -- Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung kembali mengadakan Lomba Literasi dan Cerdas Matematika (LLCM). Tahun ini adalah kali kedua Prodi Pendidikan Matematika menggelar acara ini.  Kegiatan diselenggarakan selama dua hari yaitu Rabu-Kamis (9-10 Oktober 2019). Tahun ini peserta lomba sebanyak 243 yang mewakili 55 sekolah. Peserta yang terdiri atas para pelajar jenjang SD, SMP dan SMA sederajad di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tema yang diusung yaitu “LLCM Exist Bersama Program Studi Pendidikan Matematika”. Dari tema ini panitia berharap akan lahir matematikawan yang cerdas dan terdepan dalam kemajuan pendidikan matematika di Bangka Belitung.

Menurut Eka Rachma Kurniasi, M.Pd selaku ketua panitia kegiatan, lomba ini dapat semakin memperkukuh peran program studi pendidikan matematika sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan kemajuan pendidikan matematika di Bangka Belitung.

“Kami berharap Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung dapat terus ada dalam usaha pengembangan minat dan usaha untuk kemajuan pendidikan, khususnya pendidikan matematika di Bangka Belitung,” ujarnya.

Lomba terdiri atas dua kategori yaitu kategori cerdas yang diikuti oleh siswa jenjang SD, SMP, SMA sederajat secara individu, sedangkan kategori literasi matematika diikuti oleh siswa jenjang SD dan SMP sederajad secara berkelompok. Setiap kategori melalui 3 tahap yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Adapun peserta yang masuk ke final akan dilombakan sehingga mendapatkan juara 1,2, dan 3. Pada final cerdas, para finalis dihadapkan pada soal-soal uraian singkat mengenai materi matematika sesuai jenjang sekolah, sedangkan pada kategori literasi matematika, para finalis secara berkelompok harus menyelesaikan soal-soal cerita matematika yang kemudian dipresentasikan di depan para juri.

Para pemenang pada kategori cerdas SD yaitu juara pertama atas nama Prana Sadewa SDN 3 Simpang Katis, juara kedua M. Daffa Putra SDN 10 Pangkalpinang, dan juara ketiga Marcellio Favian SD Santa Theresia I Pangkalpinang.

Adapun pada kategori Cerdas SMP juara pertama atas nama Nevin Elfrando dari SMP Dian Harapan Bangka, juara dua Ricky Tanuarta dari SMP Dian Harapan bangka, dan juara tiga Siti Salwa dari SMPN 2 Pangkalpinang.

Pada kategori cerdas SMA juara pertama atas nama Mardianto Ferdinando dari SMAN 1 Belinyu, juara dua atas nama Steven Verdian dari SMA Sato Yosef Pangkapinang, dan juara ketiga Feri Andika dari SMAN 1 Belinyu.

Para pemenang kategori literasi matematika SD yaitu perwakilan dari siswa-siswa SDN 6 Pangkalpinang, juara dua diraih siswa-siswa dari SDN 12 Pangkalpinang, dan juara 3 diraih siswa-siswa dari SDN 1 Pangkalan Baru.

Sedangkan pada kategori literasi SMP juara pertama diraih siswa-siswa dari SMP Dian Harapan Bangka, juara dua diraih siswa-siswa dari SMPN 1 Sungailiat dan juara 3 diraih oleh siswa-siswa dari SMPN 2 Pangkalpinang.

Sedangkan juara umum untuk tahun ini diraih oleh SDN 10 Pangkalpinang, SMP Dian Harapan Bangka, dan SMAN 1 Belinyu.

Salah satu guru pendamping dari SMAN 1 Beliyu Reni Marita, S.Pd menyatakan kegiatan LLCM dapat memotivasi siswa untuk lebih mendalami matematika.

“Kegiatan ini dapat menjadi salah satu wadah untuk siswa menunjukkan kemampuannya dalam bidang matematika,” ujarnya. (BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review