Sektor Pertanian Dorong Pertumbuhan Ekonomi Babel

kasmirudin
Sektor Pertanian Dorong Pertumbuhan Ekonomi Babel
Kelapa sawit salah satu komoditi sector pertanian yang menjanjikan. (Foto: Ist)

PANGKALPINANG,BABELREVIEW.CO.ID -- Realisasi pertumbuhan ekonomi pada Triwulan II 2019 mengindikasikan geliat ekonomi di Bangka Belitung semakin membaik dengan pertumbuhan sebesar 3,49 persen (yoy), setelah pada triwulan sebelumnya hanya tumbuh sebesar 2,80 persen (yoy).

Secara nominal, Produk Domestik Bruto (PDRB) Bangka Belitung berdasarkan harga berlaku pada triwulan II 2019 mencapai Rp19,02 triliun. Namun demikian, pertumbuhan perekonomian Babel masih lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi secara Nasional sebesar 5,05 persen (yoy) dan pertumbuhan ekonomi Sumatera sebesar 4,62 persen (yoy).

Dari sisi lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi Babel pada triwulan II 2019 ditopang oleh membaiknya kinerja Sektor Pertanian dan Perdagangan. Sektor pertanian tercatat tumbuh sebesar 5,04 persen (yoy), lebih tinggi dari triwulan sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 2,61 persen (yoy).

Pertumbuhan pada sektor pertanian didorong oleh meningkatnya kinerja sektor perkebunan dan perikanan. Tingginya permintaan terhadap komoditas perikanan Bangka Belitung (ekspor dan domestik) yang diiringi oleh peningkatan harga komoditas telah mendorong pertumbuhan sektor pertanian dan memberikan andil sebesar 0,93 persen (yoy) terhadap pertumbuhan triwulan II 2019 ini.

Sebagai multiplier effect dari pertumbuhan sektor pertanian, maka sektor perdagangan juga turut mengalami pertumbuhan sebesar 3,85 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 0,85 persen (yoy).

Pertumbuhan sektor perdagangan didorong oleh membaiknya kinerja perdagangan ritel yang didorong oleh adanya momen perayaan hari besar keagamaan seperti Cheng Beng, Ramadhan dan Idul Fitri, pelaksanaan pemilu serentak dan beberapa event berskala nasional maupun internasional (Kejuaraan Nasional Wushu dan Sungailiat Triathlon). Adapun Sektor Perdagangan memberikan andil 0,55 persen (yoy) terhadap pertumbuhan ekonomi Babel triwulan II 2019. (BBR)


Penulis  : Irwan
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review