Soal Rayuan Indomaret Masuk Pangkalpinang, Rio Minta Walikota Perbaiki Komunikasi Dengan Rakyat

Admin
Soal Rayuan Indomaret Masuk Pangkalpinang, Rio Minta Walikota Perbaiki Komunikasi Dengan Rakyat
Foto:Ferly Aditya

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID --- Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady meminta PT Indomarco Prismatama (Indomaret), untuk mengikuti Peraturan Daerah (Perda) Kota Pangkalpinang sebelum resmi beroperasi"Uruslah perizinan sebelum mendirikan bangunan fisik, uruslah segala administrasinya, baik itu IMB, izin usaha, karena terus terang saja kehadirian Indomaret di Pangkalpinang sangat kontroversi", kata Rio, saat ditemui di Kantor DPRD Kota Pangkalpinang. Senin, (19/8/19) 

Rio mengatakan, sekalipun Walikota Pangkalpinang mengatakan tidak masalah, tidak dapat dipungkiri bagaimana resahnya masyarakat dibawah dengan kehadiran Indomaret."Dan janganlah kita membuat keresahan itu tambah meresahkan, dengan seolah-olah tidak mengikuti aturan di Pangkalpinang. Ketika kita dengan para pengusaha kecil dan menengah begitu kerasnya, tapi dengan perusahaan retail skala nasional seperti ini lunak", jelas Rio.

Wakil Ketua Bapemperda ini juga mengatakan, apabila benar informasi Indomaret sudah beroperasi namun izin belum keluar, Pemkot Pangkalpinangharus bertindak tegas."Intinya, sebelum seluruhnya beroperasi mereka harus menyelesaikan izinnya, kami selaku DPRD nanti akan cek langsung ke lokasi", tegas Rio.

Rio mengatakan, seluruh kebijakan terkait investasi domainanya ada Eksekutif, setuju atau tidak urusan Kepala Daerah."Kami DPRD hanya melihat melanggar perda atau tidak. Kemarin ketika ramai-ramai membicarakan Indomaret bagaimana, melanggar perda atau tidak. saya harap pak wali kota memberikan informasi dan pemahaman dengan cukup, jangan sampai ada keresahan masyarakat", jelasnya.

Menurut Rio, perbedaanya dengan pengusaha lokal terletak pada skala, Indomaret sudah berskala nasiolal."Tetapi perlindungan terhadap pengusaha kecil dan menengah apakah sudah dirasakan kawan kita pengusaha lokal, kan belum banyak ada juga yang ingin mengajak ketemu. Indomaret ini modalnya sangat besar, kalau di kota besar dalam 100 meter bisa 2-3 toko, saya kira mereka tidak gambling seprti itu di Pangkalpinang", jelas Rio.

Ia juga meminta, kepada Pemerintah Kota Pangkalpinang sebaiknya merangkul pengusaha lokal. "Perda kita jelas setiap retail sprti itu harus menyediakan 15-20 persen produk lokal", ujarnya.

Terkait rayuan Indomaret kepada Wali Kota Pangkalpinang merupakan hal yang wajar dan hak wali kota."Wali kota memiliki regulasi dan kebijakan boleh atau tidak, itu domainnya wali kota, saya tidak bisa menyalahkan atau menolak. Namun saya memberi masukan wali kota hendaknya memperbaiki komunikasi dengan masyarakat. Karena masyarakat merasa wali kota pro dengan pengusaha luar, padahal tidak seperti itu, saya tahu betul wali kota, Beliau sangat merangkul orang", ungkap Rio.

Ia juga meminta, untuk dinas OPD terkait untuk dapat membantu dan memepermudah izin pengusaha lokal."Kawan-kawan di OPD juga ikut merangkul pengusaha lokal, seperti izin PIRT dipermudah, mengurus sertifikat halal dipermudah, izin usaha jangan dipersulit. Ketika mereka merasa terayomi pasti tidak masalah yang masuk siapa atau retail mana", imbau Rio. (gusti/BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    : Ahada
Sumber : Babel Review