Tekan Kasus Demam Berdarah, Puskesmas Namang Berikan Orientasi 33 Kader Jumantik

faisal
Tekan Kasus Demam Berdarah, Puskesmas Namang Berikan Orientasi 33 Kader Jumantik
Pelaksanaan Orientasi Kader Jumantik Desa Namang, Kamis (16/1/2020). (Foto: Faisal)

NAMANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Puskesmas Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah memberikan Orientasi Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) kepada 33 orang peserta di Kantor Desa Namang pada Kamis (16/1/2020).

Perawat sekaligus Tenaga Kesehatan Puskesmas, Silvia Melia mengatakan, orientasi ini sekaligus pembentukan kader jumantik dalam upaya pencegahan atau deteksi dini dalam menekan timbulnya risiko penyakit demam berdarah degue (DBD) di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Namang terutama Desa Namang.

“Berbagai upaya dilakukan untuk menghindari timbulnya penyakit DBD diwilayah kerja kami, salah satunya membentuk Kader Jumantik Desa untuk memantau dan menanggulangi potensi jentik,”ujarnya kepada Babel Review.

Sivia menjelaskan, kader jumantik yang dibentuk per desa ini berfungsi untuk membantu mencegah berkembangnya jentik nyamuk yang bisa mengakibatkan penyakit di lingkungan wilayah masing desa.

"Pelaksanaan tugas para Kader jumantik ini merupakan perpanjangan tangan dari tenaga medis Puskesmas yang tugasnya melakukan pemantauan secara rutin di rumah-rumah warga berpotensi sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk,”ucapnya.

Ia menyebutkan, dalam pelaksanaannya nanti, satu kader jumantik akan bertanggung jawab terhadap 15 hingga 30 rumah ditiap desa.

"Pada tahun 2019 Terdapat 20 kasus DBD di Kecamatan Namang, data ini yang mau kita tekan agar ada penurunan kasus DBD, nanti kita juga akan bersinergi dengan lembaga lintas sektoral untuk menggelar PSM (Pemberantasan Sarang Nyamuk) ke zona-zona genangan air yang berpotensi berkembangnya sarang nyamuk,"pungkasnya (BBR)


Penulis   : Faisal

Editor      : Admin03

Sumber  : Babel Review