Teluk Kelabat Desa Pusuk, Simpan Potensi Laut yang Menjanjikan

Admin
Teluk Kelabat Desa Pusuk, Simpan Potensi Laut yang Menjanjikan
Foto:Faisal

PUSUK, BABELREVIEW.CO.ID -- Memiliki letak geografis diujung Barat Pulau Bangka, ditambah berbatasan dengan teluk, membuat Desa Pusuk sebagai desa pesisir memiliki potensi kelautan  cukup melimpah.

Dengan besarnya potensi tersebut, informasi yang dihimpun Babelreview, ada peningkatan jumlah warga yang beralih pekerjaan dari bertani menjadi nelayan setiap tahunnya. Tercatat, dalam rentang 2018 dan 2019 ada peningkatan jumlah nelayan hampir 100 persen.

"Jumlah nelayan di Desa Pusuk pada tahun 2018 berjumlah 107 orang, namun jumlah tersebut naik signifikan pada tahun 2019 hingga mencapai 200 lebih nelayan," ujar Lizan, Kades Pusuk kepada Babelreview, Selasa (17/9/2019).

Ia menuturkan, banyaknya warga yang beralih pekerjaan menjadi nelayan dikarenakan tangkapan hasil laut yang sangat melimpah dan menguntungkan.

"Hasil tangkapan nelayan di Teluk Kelabat Desa Pusuk sangat beragam dan menjanjikan seperti ikan selanget, belanak, kitang, parik, mayong, kerapuk, kepiting item, putuh, kerang bambu, siput isep serta udang lipan,"tuturnya.

Ia menerangkan, bahkan ikan selanget dan belanak sudah banyak dipesan oleh para pengepul, ditambah harga udang lipan yang bisa mencapai Rp 120ribu/ekor, membuat warga banyak beralih menjadi nelayan.

"Potensi sektor kelautan adalah masuk skala prioritas kami setelah pertanian. Oleh sebab itu kita juga rutin berikan bantuan berupa jaring pukat dari dana desa (ADD) kepada para nelayan terutama kepada nelayan yang kurang mampu," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Fennie
Sumber : Babel Review