Ternyata Ini Loh Manfaat Daun Simpur

kasmirudin
Ternyata Ini Loh Manfaat Daun Simpur
Sosialisasi pengelolaan daun simpur di SMP Negeri 3 Merawang. (foto: Irwan)

MERAWANG, BABELREVIEW – Daun simpur yang tumbuh secara liar di Bangka memiliki berbagai manfaat. Sejak lama daun simpur digunakan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan, apalagi sebelum penggunaan kantung plastik. Dulu daun simpur biasanya digunakan sebagai pembungkus ikan segar, tempe, lontong, tapai, dan makanan lain. Selain memiliki ukuran yang lebar dan tebal, daun simpur dipercaya dapat membuat makanan tidak cepat rusak.

Manfaat tanaman ini ternyata dilirik oleh pihak SMP Negeri 3 Merawang, untuk dikembangkan menjadi berbagai produk. Tak hanya itu, tanaman simpur ini nantinya juga akan menjadi brand sekolah. Mengawali hal tersebut, pihak sekolah mengadakan sosialisasi kepada peserta didik dan guru yang mendatangkan para praktisi dari Jakarta maupun Staf Dinas Kehutanan Suhada yang juga seorang pemerhati lingkungan dan potensi alam.

“Jadi sekolah-sekolah sekarang ini diminta untuk memiliki brand atau ciri khas sekolah, yang paling dekat adalah potensi yang ada di sekitar kita ini. Karena di Bangka ini banyak tanaman simpur bisa ditemui di pinggir jalan atau di hutan-hutan tumbuh liar. Daun simpur juga memiliki kandungan penghambat bakteri, jadi kita coba kembangkan manfaat tanaman simpur ini,” jelas Kepala Tata Usaha SMP Negeri 3 Merawang Sanjaya.

Saat ini SMP Negeri 3 Merawang sedang mencoba membuat produk teh berbahan daun simpur. Untuk menjadi sebuah produk teh, daun simpur harus melalui beberapa proses, termasuk pengeringan. Tak hanya memiliki kesegaran dan rasa yang khas, teh ini juga diakui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengatasi alergi.

“Pembuatan produknya itu seperti teh nanti kita akan buat berbagai jenis ada yang serbuk, ada yang sachet, ada yang minuman botol, dan ukuran gelas juga. Yang jelas kita akan mengoptimalkan melibatkan peserta didik ini, supaya lebih mencintai produk dan setelah besar nanti memiliki bekal memproduksi olahan tanaman simpur ini jadi memiliki nilai ekonomis,” katanya. (BBR)


Penulis : Irwan
Editor   : Kasmir
Sumber :Babelreview