Thomas Jusman Harap Semua Pengusaha Wajib Menjadi Anggota Kadin

kasmirudin
Thomas Jusman Harap Semua Pengusaha Wajib Menjadi Anggota Kadin
Kamar Dagang dan Industri Provinsi Bangka Belitung, menggelar rapat pimpinan Kadin se - Provinsi Babel di Hotel Pesona Bay Sungailiat, Rabu (20/11/2019). (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Kamar Dagang dan Industri Provinsi Bangka Belitung, menggelar rapat pimpinan Kadin se - Provinsi Babel di Hotel Pesona Bay Sungailiat, Rabu (20/11/2019).

Ketua Kadin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Thomas Jusman mengatakan, jika rapimprov ini ada tiga poin yang dibicarakan salah satunya masalah keorganisasian.

"Kami mengharapkan rapat koordinasi seluruh organisasi ini antara Kadin daerah dan Kadin Indonesia bisa berperan dengan bersinergi dengan pemerintah. Jadi untuk masalah anggota Kadin mewajibkan semua pengusaha menjadi anggota kadin, itu sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 1 tahun 1987,” imbuhnya.

Ia mengusulkan, agar kewajiban menjadi anggota Kadin harus ada kartu tanda anggota (KTA). Sekarang walaupun pengusaha secara otomatis menjadi anggota Kadin, tetapi tidak mempunyai KTA.

“Kita mengharapkan Kadin Indonesia mengupayakan apabila mengeluarkan tanda daftar perusahaan (TDP), otomatis harus menerbitkan KTA Kadin. Sehingga ijin prinsipnya jelas, dan ada perumus di dalam organisasi. Sehingga organisasi bisa berjalan dengan baik. Karena tanpa ada dukungan dari anggota seperti adanya KTA dan iuran, organisasi tidak bisa berjalan dengan baik," tuturnya.

"Tentunya tanpa itu pun kami tetap berkiprah. Kemarin dalam kepengurusan kemendag RI sudah menyampaikan bahwa kepengurusan TDP otomatis mendapatkan KTA kadin. Kita melihat masih adanya dualisme diberbagai tempat, tapi di Kadin Indonesia saat ini yang kami lakukan rapimprov adalah Kadin yang berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 tahun 1987, yang hirarkinya jelas," terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika program kerja ke depan akan dilakukan salah satunya di sektor pertambangan dan sektor pariwisata. Kadin Babel nantinya akan meminta Kadin pusat untuk mendorong pemerintah pusat supaya cepat terealisasi.

"Kita akan selalu bersinergi tanpa merugikan salah satu sektor, karena semua sektor diperlukan. Kami ingin berjalan seiring dan bareng yang semuanya sudah diatur, semua kuncinya ada di koordinasi," tutupnya. (BBR)


Penulis  : Gusti                      
Editor    : Kasmir
Sumber  :Babel Review