Tim KKN PPM Kurau Wujudkan Kampung Pelangi Nelayan

kasmirudin
Tim KKN PPM Kurau Wujudkan Kampung Pelangi Nelayan

KOBA, BABELREVIEW.CO.ID -- Sebanyak 30 mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (KKN PPM) di Desa Kurau Timur, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, tahun 2019.

Para mahasiswa ini didampingi Tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), sebanyak 3 orang yaitu Dr.Devi Valeriani, S.E, M.Si selaku ketua DPL dengan didampingi oleh 2 orang DPL, yaitu Aning Kesuma Putri, S.E, M.Si dan Mu’alimah Hudatwi S.Kel, M.Sc.

Program utama Tim KKN PPM Desa Kurau adalah mewujudkan Kampung Pelangi Nelayan, sebagai salah satu alternatif destinasi wisata perantara, ketika wisatawan akan berwisata ke Pulau Ketawai. Program tersebut disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Bangka dari awal audiensi sampai dengan penyerahan mahasiswa. Beberapa pejabat Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yaitu Staf Ahli, Pitor, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Zainal dan Asisten II, Saifullah Nizam, sangat antusias mendukung program-program yang direncanakan.

“Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh dalam kegiatan temu Kelompok Sadar Wisata sekaligus launching Bangka Tengah Travelpedia pada 26 Juni 2019 lalu, menyatakan dukungan terhadap program KKN PPM Kampung Pelangi Nelayan Desa Kurau,” kata Dosen Pembimbing Lapangan, Aning Kesuma Putri, S.E, M.Si.

Acara penerimaan dan penyerahan mahasiswa KKN UBB angkatan 14 Tahun 2019 telah dilakukan di Gedung Serba Guna Kabupaten Bangka Tengah pada Kamis, 11 Juli 2019.

Aning menjelaskan, kegiatan program hari pertama, Jumat (12/7/2019) adalah membersihkan 4 titik yaitu taman mangrove, taman dermaga, taman pemukiman warga dan halaman depan wc umum.

Kegiatan mahasiswa KKN tersebut bersinergi dengan Karang Taruna Desa Kurau Timur yang diketuai oleh Wisnu dan sekaligus sebagai ketua TIM KKN PPM Kurau.

Kegiatan hari kedua dan seterusnya adalah melakukan pengecatan rumah warga, ramah tamah untuk mempererat silaturahmi diantara kegiatannya adalah memenuhi undangan warga dan pemerintah Desa Kurau Timur.

“Harapan kami sebagai DPL dan seluruh mahasiswa KKN PPM Desa Kurau dapat menyelesaikan seluruh program tepat waktu. Selanjutnya pemerintah desa dan masyarakat setempat dapat memelihara program-program yang sudah dilakukan dengan baik, bahkan jika memungkinkan untuk menambah program-program yang ada dengan areal yang lebih luas,” ujarnya.

Program-program paralel yang akan dilakukan selain pengecatan rumah yakni:

  1. Penomoran Rumah Berkonsep Pelangi
  2. Pembuatan Tempat Sampah Berkonsep Pelangi
  3. Translate Web Dinas Parwisata (2 bahasa)
  4. Translate Web Desa
  5. Penanaman Mangrove
  6. Pengecatan Dermaga dan Taman Berkonsep Pelangi
  7. Pengecatan Jembatan Taman Mangrove Berkonsep Pelangi
  8. Sosialisasi BPJS dan BEI
  9. Edukasi guide tourism untuk masyarakat sekitar
  10. Pembuatan Buku Potensi Pariwisata Kurau. (BBR)

Penulis  : Aning Kesuma Putri, S.E, M.S,(Dosen UBB) CJ).
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review