Tingkatkan Pelayanan Lansia, Dinsos Bateng Optimalkan Program Family Support dan ASLUT  

Admin
Tingkatkan Pelayanan Lansia, Dinsos Bateng Optimalkan Program Family Support dan ASLUT   
Foto:Faisal

 

BANGKA TENGAH BABELREVIEW.CO.ID -- Melalui Dinas Sosial selaku leading sektor, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melaksanakan berbagai program dalam memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat lanjut usia (lansia).

Di antaranya adalah optimalisasi program Family Support dari kementrian dan ASLUT (Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Suhimin selaku Kabid Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial. Dirinya memgatakan, pemkab melakukan upaya peningkatan pelayanan lansia setiap tahun dengan konsentrasi mengoptimalkan program-program bagi lansia yang ada di Bangka Tengah.

"Ada dua program berbeda untuk dua ketegori lansia. Yang pertama program family support untuk lansia potensial atau yang masih sehat dan produktif, yang kedua program ASLUT untuk lansia non potensial yakni lansia yang terlantar atau sudah-sakitan," ujarnya, Selasa (17/9/2019).

Suhimin menjelaskan, program family support dari kementrian yaitu pemberian bantuan bagi lansia yang masih potensial dengan nilai yang sudah ditentukan kementrian, namun dengan syarat harus masuk BDT (Basis Data Terpadu).

"Untuk masuk terdaftar ke BDT, harus melewati rekomendasi desa/kelurahan melalui musyawarah desa atau musyawarah kelurahan, karena desa yang lebih paham kondisi warganya, kemudian baru diserahkankan ke kami," jelasnya.

Ia melanjutkan, hang kedua program ASLUT yakni bantuan dukungan keluarga yang mengcover lansia non potensial.

"Lansia yang akan mendapatkan bantuan ini juga harus terdaftar di dalam BDT, serta harus dicek layak atau tidaknya menerima bantuan, tentunya tetap melalui usulan desa," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal
Editor    : Fennie
Sumber : Babel Review