Tips Kesehatan: Ini Segudang Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan

kasmirudin
Tips Kesehatan: Ini Segudang Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan
Lobak putih. (ist)

BABELREVIEW.CO.ID -- Lobak putih adalah sayuran yang termasuk ke dalam umbi-umbian dan memiliki rasa serta bentuknya sangat mirip dengan wortel. Biasanya, lobak putih digunakan untuk membuat sup yang dapat dicampur dengan berbagai sayuran lain. Tapi, lobak putih juga bisa dikonsumsi mentah atau dijus.

Manfaat Lobak Putih

Tahu nggak Moms kalau lobak punya banyak manfaat untuk tubuh? Kalau Moms sadari, manfaat lobak putih itu ada banyak banget lho karena mengandung serat yang cukup tinggi. Jadi, apa aja sih manfaat lobak? Yuk simak sampai habis!

Manfaat Lobak Putih untuk Kolesterol

Lobak putih memang dapat mengatasi berbagai penyakit seperti kolesterol. Hal ini dikarenakan lobak putih dapat mengikat Lipoprotein. Lipoprotein itu sendiri adalah struktur biokimia yang berisi protein dan lemak, yang terikat pada protein, yang memungkinkan lemak untuk bergerak melalui air pada bagian dalam dan di luar sel. Protein ini berfungsi untuk mengemulsi lipid. Itulah kenapa lobak putih dapat mengatasi kolesterol.

Manfaat Lobak Putih untuk Asam Urat

Banyak yang bilang kalau obat asam urat paling ampuh adalah lobak putih. Pada daun lobak putih mengandung minyak atsiri, vitamin A dan C serta mengandung 30-40 persen minyak lemak. Zat-zat tersebut mengandung antibiotik terhadap beberapa jenis bakteri dan antioksidan. Inilah sebabnya lobak putih dapat menghilangkan rasa nyeri pada si penderita asam urat.

Cara membuat ramuan ini mudah lho. Cukup siapkan satu buah nanas, 250gr lobak putih, dan tiga buah kemiri. Semua bahan tersebut dijus kemudian diminum. Ulangi kegiatan ini tiga bulan sekali ya, Moms.

Manfaat Lobak Putih untuk Diet

Seperti yang dikatakan di atas, lobak putih mengandung serat yang cukup tinggi. Makanya, lobak juga cocok untuk digunakan pada Moms yang lagi diet. Lobak putih dapat mengikat lemak-lemak jenuh yang terdapat dalam tubuh Moms. Nah, Moms hanya tinggal mengganti nasi dengan rebusan lobak putih untuk mengisi kebutuhan nutrisi setiap hari. Lobak ini alan membuat Moms kenyang seharian lho, jadi nggak ada ngemil-ngemilan deh!

Baca Juga: Tips Kesehatan: Dijual Sampai Rp1 Jutaan, Tanaman Lidah Mertua Punya 5 Manfaat Ajaib!

Manfaat Lobak Putih untuk Ginjal

Lobak putih kaya akan potassium yang berguna untuk mengurangi “menguras” kalsium dalam urin yang dapat membentuk batu-batu ginjal. Dengan mengonsumsi sayuran ini baik dijus maupun dimakan mentah-mentah dapat menurunkan resiko penyakit ginjal, Moms. Nah, zat yang bersifat diuretic juga tak hanya membersihkan ginjal dari batu-batu berbahaya lho, tapi juga menyeluruh hingga ke kandung kemih.

Cara ini merupakan cara tradisional orang dulu untuk terbebas dari penyakit ginjal. Kalau Moms juga khawatir akan penyakit mematikan ini, yuk mulai sekarang konsumsi lobak putih!

Yuk, mulai hidup dengan mengonsumsi lobak putih!

Manfaat Lobak Putih untuk Mencegah Sel Kanker

Seseorang bisa terjangkit kanker karena adanya radikal-radikal jahat yang bersarang pada tubuh. Banyaknya radikal inilah yang membuat sel-sel tubuh mengalami ”lumpuh” atau mutasi. Nah, akibatnya, radikal inilah yang menguasai tubuh seseorang. Duh seram ya? Namun, jika Moms rutin mengonsumsi lobak putih, Moms nggak perlu khawatir lagi.

Usut diusut, ternyata lobak putih mengandung antosianin, vitamin C, asam folat, dan zat antioksidan yang tinggi. Nah, beberapa kandungan ini bisa membuat proteksi untuk mencegah sel kanker tumbuh. Lagipula, antioksidan juga digunakan untuk obat kanker lho. Wah, sayuran ini benar-benar berkhasiat lho.

Manfaat Lobak Putih untuk Mengatasi Diabetes

Lobak putih sangat baik untuk dikonsumsi oleh seseorang yang terkena diabetes lho. Sayuran ini memiliki kadar indeks glikemik yang kecil, maka sayuran ini nggak membuat gula darah naik. saat lobaknputih dicerna, maka lobak ini akan berperan dalam mengatur gula darah. Indeks glikemik yang dimiliki lobak tergolong kecil, sehingga jenis sayuran ini aman untuk dikonsumsi penderita diabetes dan tidak membuat gula darah mereka naik. (BBR)


Penulis  :  Mommyasia                     
Editor    :  Kasmir
Sumber  : Mommyasia