Usai Dapat Plakat Dari KPAD Babel, Kapolda Ajak Warga Pasang CCTV Di Rumah

Ahada
Usai Dapat Plakat Dari KPAD Babel, Kapolda Ajak Warga Pasang CCTV Di Rumah
KPAD Babel untuk mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Kapolda Babel Brigjen Pol Anang syarif Hidayat, di Kantor Polda Babel, Senin (13/1/2020). (Foto: ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat menyatakan perlunya CCTV dipasang pada masing-masing rumah warga.

Tujuannya, jika ada CCTV, akan membantu kerja polisi dalam mengungkap suatu kasus kejahatan.

Harapan Kapolda Babel ini disampaikan saat menerima kunjungan Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Provinsi Bangka Belitung, di Kantor Polda Babel, Senin (13/1/2020).

Kapolda mencontohkan beberapa kasus, ketika saksi tidak ada namun memiliki bukti rekaman CCTV dari masyarakat, akhirnya pelaku dapat tetangkap dengan cepat.

"Paling tidak jika ada bukti rekaman CCTV, maka anggota kita akan lebih mudah menemukan pelaku kejahatan ini," ujar Kapolda Babel, usai menerima penghargaan dan Plakat KPAD Babel.

Kerja Polda Babel dalam setahun ini dinilai KPAD Provinsi Babel telah peduli terhadap kasus-kasus yang bersinggungan dengan anak-anak.

"Contohnya kasus yang berada di Batu Belubang yang berdampak terhadap 47 anak. Pihak kepolisian Polda Babel dengan sigap mengungsikan seluruh anak-anak ke Polresta Pangkalpinang. Hal ini memberikan rasa aman kepada anak-anak," ujar  Ketua KPAD Babel, Sapta Qodria Muafi SH.

Bahkan malam itu, kata Sapta, Kapolda langsung turun ke lapangan untuk melihat kondisi anak-anak yang terdampak perkara.

Selanjutnya Kapolda berkordinasi dengan KPAD untuk memfasilitasi korban anak-anak tersebut.

"Apa yang dilakukan Pak Kapolda ini telah mampu menciptakan suasana kondusif hingga anak-anak tersebut dipulangkan ke rumah masing-masing," tukas Sapta.

Melihat dan menyikapi kerja jajaran Polda Babel yang perduli terhadap anak-anak di Babel inilah, yang akhirnya menarik perhatian KPAD Babel untuk mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Kapolda Babel Brigjen Pol Anang syarif Hidayat, di Kantor Polda Babel, Senin (13/1/2020).

Selain itu KPAD Babel juga memberikan penghargaan kepada jajaran Aparat Penegak Hukum (APH) dalam penegakan hukum terkait kasus kekerasan seksual terhadap anak di daerah masing-masing kabupaten se Babel.

Sebelumnya, kedatangan Ketua KPAD Babel Sapta Qodria Muafi SH, yang di dampingi Sekretaris Try Murtini SPd dan beberapa komisoner seperti Yuli Sistriani SPd, Nova Irawaty SPsi dan staff, disambut langsung Kapolda Babel dan jajaran.

Dalam pertemuan singkat tersebut ditandai pemberian penghargaan dan plakat dari KPAD dan cinderamata dari Kapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (BBR)