PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2020 yang merupakan latihan gabungan gugus tempur laut internasional untuk operasi non combatants, akan digelar di dua daerah, yaitu Kepulauan Seribu, Jakarta dan Kepulauan Bangka Belitung. Wakil Komandan Satgas Multilateral Naval Exercise Komodo 2020 Kolonel Laut Bambang Trijanto , Belitung Beach Festival, Engineering Capability Actions Program (ENCAP) dan Medical Actifities Program (MEDCAP)

VIDEO Angkatan Laut dari 54 Negara Akan Kunjungi Babel Dalam MNEK 2020

Admin
VIDEO Angkatan Laut dari 54 Negara Akan Kunjungi Babel Dalam MNEK 2020
Foto dan video:Irwan

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2020 yang merupakan latihan gabungan gugus tempur laut internasional untuk operasi non combatants, akan digelar di dua daerah, yaitu Kepulauan Seribu, Jakarta dan Kepulauan Bangka Belitung.

Puncak kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2020 bertepatan dengan HUT RI dengan menggelar parade kapal perang dari seluruh negara peserta.

Wakil Komandan Satgas Multilateral Naval Exercise Komodo 2020 Kolonel Laut Bambang Trijanto dalam pertemuannya dengan Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah, Rabu (8/1/2020) di Kantor Gubernur Babel menyebutkan, latihan gabungan yang melibatkan gugus tempur laut dari 54 negara ini berorientasi pada kerjasama operasi non combatans, seperti penanggulangan bencana alam atau kejadian luar biasa lainnya yang membutuhkan kerjasama antar angkatan laut dari berbagai negara.

“Kami ke Bangka Belitung dalam rangka menindaklanjuti kunjungan sebelumnya terkait rencana pelaksanaan kegiatan MNEK 2020 yang salah satunya akan diselenggarakan di Bangka Belitung. Acara akan di pusatkan di Jakarta namun juga ada area latihan dan juga area kegiatan di Kepulauan Seribu dan Kepulauan Bangka Belitung,” jelas Kolonel Laut Bambang Trijanto.

Sebagian dari kegiatan MNEK keempat tahun 2020 ini akan dilakukan di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Dimana kegiatan ini akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan Belitung Beach Festival, serta diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya Engineering Capability Actions Program (ENCAP) dan Medical Actifities Program (MEDCAP) yang berupa pembangunan infrastuktur darurat dan bakti sosial kesehatan.

Event ini juga akan memeriahkan puncak peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia melalui kegiatan parade puluhan hingga ratusan kapal perang dari 54 negara peserta, yang terlibat dalam latihan gabungan gugus tempur untuk operasi non combatants terbesar didunia ini.

Wagub Abdul Fatah yang didampingi sejumlah kepala dinas mengatakan, pertemuan tersebut merupakan koordinasi ditingkat awal. Nantinya dalam kegiatan MNEK 2020 akan banyak kegiatan yang digelar diantaranya adalah bakti sosial, pameran produk local, atraksi Angkatan Laut dan sebagainya.

“Untuk pariwisata nanti wisatawan bisa menyaksikan kapal perang dari sejumlah negara dengan peralatan militer Angkatan Laut yang akan mereka sertakan dari masing-masing negara. Harapannya negara-negara peserta dapat menjadi bagian dalam kegiatan tersebut,” ujar Fatah. (BBR)