VIDEO Kapal Kargo Muatan Material Bangunan Tenggelam Di Perairan Belitung

Admin
VIDEO Kapal Kargo Muatan Material Bangunan Tenggelam Di Perairan Belitung
Kapal Kargo KM EL Nomor 2 yang berlayar dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara menuju Pontianak, Kalimantan Barat tenggelam di wilayah perairan Belitung, Minggu (12/1/2020) Foto dan Video : Irwan

TANJUNGPANDAN, BABELREVIEW.CO.ID – Kapal Kargo KM EL Nomor 2 yang berlayar dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara menuju Pontianak, Kalimantan Barat tenggelam di wilayah perairan Belitung, Minggu (12/1/2020) dini hari.

Danpos Basarnas Belitung Rahmatullah yang dihubungi Babel Review mengatakan, KM EL Nomor 2 berangkat dari Pelabuhan Sunda Kelapa pada Kamis (9/1/2020) dengan muatan material bahan bangunan, seperti semen, besi dan material bangunan lainnya. Dalam perjalanannya kapal mengalami cuaca buruk dengan ketinggian gelombang antara 2,5-3 meter.

“Kapal tenggelam pada pukul 03.00 WIB dini hari dan ABK dievakuasi pada pukul 04.00 WIB oleh KM Tetap Jaya,” ujar Rahmat.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sebanyak 18 orang awak kapal selamat setelah dilakukan evakuasi, selanjutnya awak kapal dibawa ke Kantor KSOP Kelas IV Tanjung Pandan dan sudah dilakukan serah terima kepada pemilik kapal EL Nomor 2.

“Untuk saat ini yang akan dilakukan Basarnas sudah selesai evakuasi dan kita serah terima dengan pihak pemilik kapal jadi tugas Basarnas sudah selesai,” katanya.Dikatakan Rahmat, belum diketahui penyebab tenggelamnya kapal namun dari keterangan Kapten KM EL Nomor 2 peristiwa berawal ada air masuk dari anjungan bagian depan kapal.

“Kalau untuk saat ini tenggelamnya belum jelas kenapa, tapi berdasarkan keterangan dari kaptennya ada air masuk dari anjungan depan diperkirakan juga bocor dan sekarang sedang diperiksa oleh pihak KSOP,” jelasnya.Kapal EL Nomor 2 tenggelam di perairan timur laut Seliu atau di sekitar Pulau Mendulu atau posisi koordinat 03°03'079"S- 107 28'043" E. Saat ini posisi kapal karam dan sebagian besar tenggelam sebatas anjungan kemudi. (BBR)