VIDEO Pemprov Babel Jamin Stok Bawang Putih Aman dan Tak Terkontaminasi Corona

Irwan
VIDEO Pemprov Babel Jamin Stok Bawang Putih Aman dan Tak Terkontaminasi Corona
Foto dan video:Irwan

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjamin stok bawang putih impor di gudang distributor mencukupi dan aman untuk dikonsumsi masyarakat di daerah itu. Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernu Bangka Belitung Abdul Fatah.

Pemprov Babel terus berupaya mengantisipasi lonjakan harga dengan cara mengoptimalkan pengawasan stok dan harga pangan khususnya bawang putih, serta buah-buahan di beberapa pasar tradisional.

Sebelumnya harga bawang putih di Bangka Belitung sepekan terakhir mengalami lonjakan hingga 80 persen,  dari harga Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 50 ribu per kilogramnya. Diduga kenaikan harga akibat isu wabah virus corona dari negara pengekspor bawang putih, seperti Negara Cina.

Menurut Wagub Abdul Fatah, stok bawang putih impor saat ini mencapai 10 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bangka Belitung. Sehingga masyarakat tidak perlu resah dengan isu kelangkaan bawang putih yang beredar saat ini.

Sedangkan untuk harga jual akan terus dipantau dan ditekan hingga kembali ke harga normal.

Sebagai Provinsi Kepulauan, Bangka Belitung masih mengandalkan pasokan kebutuhan pokok dari luar daerah, seperti bawang putih, beras, gandum dan bahan pokok lainnya. (BBR)