Wakil Bupati Proyeksikan Pembiayaan Netto Bangka Selatan Rp 37 Miliar

kasmirudin
Wakil Bupati Proyeksikan Pembiayaan Netto Bangka Selatan Rp 37 Miliar
Wakil Bupati Bangka Selatan, Reza Herdavid saat mengikuti rapat penyampaian rancangan KUA dan PPAS Basel tahun anggaran 2019 di gedung DPRD, Senin (15/7/2019). (Foto: Andre)

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) bersama DPRD menggelar rapat penyampaian rancangan KUA dan PPAS Basel tahun anggaran 2019, Senin (15/7/2019).

Proyeksi untuk pendapatan Kabupaten Bangka Selatan tahun 2020 tanpa memperhatikan Dana Bantuan (Daba) keuangan dari pemerintah provinsi dan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik, adalah sebesar Rp 773.969.796.107. Sementara belanja diasumsikan sebesar Rp 811.077.797.121.

Wabup Basel Riza Herdavid dalam sambutannya mengatakan, pembiayaan netto diproyeksikan sebesar Rp 37.108.001.014.

"Kebijakan Silpa tahun 2020 diupayakan menurun seiring dengan semakin efektifnya penggunaan anggaran. Diharapkan belanja pemerintah dapat menimbulkan 'multiplier efek' bagi perekonomian daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, fungsi dari pengeluaran makro pemerintah (distribusi, alokasi dan stabilisasi) dapat terwujud dengan baik.

Dia menjelaskan, ada tujuh prioritas pembangunan tahun 2020. Pertama, percepatan pembangunan ekonomi sektor pertanian, perkebunan dan perikanan.

"Berbasis kawasan dan hilirisasi produksi atau industri pengolahan. Kedua, pengembangan pariwisata dan pembenahan wajah kota dan ketiga peningkatan kualitas SDM yang sehat, cerdas dan produktif," imbuhnya.

Menurutnya, peningkatan kehandalan dan pelayanan infrastruktur, konektivitas dan pengembangan wilayah dengan prinsip keberlanjutan (sustainable). Peningkatan tata kelola pemerintah yang efektif, efisien, transparan dan aman dan penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

"Yang ketujuh adalah peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang berkeadilan dan kondusif. Pada tahun 2020 nanti, Pemerintah Kabupaten Basel akan mendorong percepatan pengembangan investasi daerah. Mendorong tentang rancangan KUA dan PPAS, sehingga jadi pedoman menyusun RAPBD tahun 2020," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Andre
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review