Warga Tidak Takut Larangan Walikota Pangkalpinang, Banyak Mobil Masih Parkir di Trotoar

Admin
Warga Tidak Takut Larangan Walikota Pangkalpinang, Banyak Mobil Masih Parkir di Trotoar
Foto:Gusti

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID--- Meski Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil sudah melarang masyarakat untuk tidak parkir sembarangan termasuk di trotoar. Nyatanya masih banyak di temukan warga Kota Pangkalpinang yang memarkiran kendaraan nya di trotoar.

Dari pantauan awak media di lapangan, masih banyak di temukan kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang terparkir pada fasilitas umum (Fasum) milik Pemerintah tersebut bertempat di Jalan Ahmad Yani yang mana di katehui daerah itu merupakan tempat yang dilakukan sidak oleh Walikota Pangkalpinang, pada Minggu (8/9/2019).

Seperti kita pahami bersama, bahwa trotoar adalah jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki, yang artinya dapat disimpulkan bahwa trotoar merupakan hak penuh bagi para pejalan kaki. 

Terkait hal tersebut, saat dikonfrimasi awak media, Plt Dishub Kota Pangkalpinang, Ubaidilah mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan penertiban kendaraan yang naik di trotoar, namun Dishub tidak bisa melakukan penindakan.

"Kami pun sudah melaksanakan penerbitan di jalan A.Yani, para pemilik kendaraan minta menggeser kendaraanya karena masuk  trotoar, pas kita lengah muncul lagi. Kalau kita tugaskan petugas yang stanby disitu hanya berapa personil, jadi satu-nya harus ada tim patroli. Bulan Oktober ini info dari Kabag Perlengakapan kendaraan patroli itu akan ada", kata Ubai. Selasa, (10/9/19).

Untuk mengatasi hal tersebut salah satunya harus dilakukan penindakan, namun kata Ubai penindakan haknya  kepolisian.

"Sesuai UU No 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan itu ada di pihak kepolisian, kepolisian lah yang menegakkan. Karena kita belum ada perda tentang parkir sembarangan dan itu harus di perdakan apalagi itu di jalan provinsi, seharusnya kewenangangn Dishub Provinsi, tapi kita tetap turun untuk menertibkan", terangnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum adanya penanganan dari Pemkot Pangkalpinang  terlebih dari dinas terkait yakni Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pangkalpinang untuk memberikan tindakan tegas. (gusti/BBR)


Penulis  : Gusti
Editor    :Ahada
Sumber : Babel Review