1 Orang Rapid Test Dinyatakan Reaktif, AK Pedagang Pasar Kite Akan Dilakukan Uji Swab

Ibnuwasisto
1 Orang Rapid Test Dinyatakan Reaktif, AK Pedagang Pasar Kite Akan Dilakukan Uji Swab
Salah satu pedagang di Pasar Kite Sungailiat saat melakukan pemeriksaan rapid test masal, Senin (18/5/2020). (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Tim gabungan antara Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka bersama dengan BPBD Provinsi Bangka Belitung dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Bahrain Sungailiat kembali melakukan rapid test masal bagi masyarakat. Kali ini rapid test masal digelar di Pasar Kite Sungailiat, Senin (18/5/2020).

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH menerangkan ada sebanyak 271 orang yang melakukan rapid test, baik dari pedagang pasar, tukang parkir, TNI, Polri, ASN dan umum. Dan terdapat satu pedagang dengan inisial AK (46) yang hasilnya reaktif.

"Kita akan melakukan upaya kepada AK dengan melakukan penyelidikan epidemiologi dan besok kita akan ambil swabnya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, kami akan lakukan rapid test terhadap keluarga AK yang ada di rumahnya," tegasnya.

Pasalnya kondisi AK untuk tiga hari sebelumnya dinyatakan tidak fit, karena kurang istirahat. Sementara, pihaknya merasa bersyukur karena minat masyarakat sangat tinggi untuk melakukan pemeriksaan rapid test gratis.

"Menurut pantauan saya dilapangan, sekitar 99 persen pedagang dan tukang parkir yang ada di Pasar Kite Sungailiat melakukan pemeriksaan rapid test. Dan kita berharap hasil Swab AK nanti hasilnya juga negatif. Kita harus terus berupaya harus selalu menggunakan masker setiap beraktivitas di luar rumah, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir, jaga jarak dan jangan lupa untuk berdoa," imbuhnya.

Posisi Covid-19 di Kabupaten Bangka saat ini ODP sebanyak 223 orang dan 1 orang masih dalam pemantauan, PDP 23 orang dan semua sudah selesai melakukan perawatan, OTG 123 orang. Untuk jadwal rapid test masal gratis besok akan digelar di Rumah Dinas Camat Belinyu untuk 300 orang.

"Kita berharap akan partisipasinya masyarakat yang ada di Belinyu, khususnya bagi para pedagang pasar, tukang parkir, TNI, Polri, ASN dan umum. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam memutuskan mata rantai penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Dengan harapan kedepan Kabupaten Bangka kembali kedalam zona hijau dan terbebas dari Covid-19," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review