16 Panel Surya di Desa Rebo Digondol Maling

kasmirudin
16 Panel Surya di Desa Rebo Digondol Maling
Wakil Bupati Bangka, Syahbudin saat meninjau lokasi terjadinya pencurian panel surya d jalan Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, Selasa (6/8/2019). (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Menyingkapi tindak pencurian sebanyak 16 panel surya yang berada di sepanjang jalan Desa Rebo Kecamatan Sungailiat, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin  yang didampingi Kepala Satuan Satpol-PP langsung meninjau lokasi terjadinya pencurian.

Syahbudin mengatakan, dengan adanya kejadian tersebut pemerintah daerah akan terhambat dalam mewujudkan Kabupaten Bangka sebagai salah satu gerbang kota wisata.

"Ini akan menghambat, karena usaha kita untuk mendorong wilayah ini menjadi lokasi pariwisata dan menjamin akan keselamatan bagi setiap pengunjung agar terang ,tetapi dirusak dan dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," ungkap Syahbudin, Selasa (6/8/2019).

Pemerintah Kabupaten Bangka akan menginventarisir terhadap panel surya yang hilang, melalui Dinas PUPR untuk melaporkan ke pihak kepolisian.

"Saya meminta kepada pihak Polres Bangka untuk melakukan upaya penindakan atas pencurian tersebut, dan kami berharap supaya pelakunya segera dapat ditangkap dan cepat diproses secara hukum supaya menimbulkan efek jera kepada yang lainnya," kata Syahbudin.

Langkah kedepan, Pemkab Bangka akan melakukan langkah pencegahan salah satunya perbaiki dari segi kontruksi dan yang kedua kontrol secara kontinyu, dengan menugaskan Satpol-PP Pariwisata untuk melakukan patroli.

"Untuk keseluruhan tiang yang roboh ada 14 dan yang 2 tidak roboh, tapi hanya diambil rangkaian panel suryanya jadi total semuanya ada 16 tiang yang rusak dan hilang. Untuk mengantisipasi agar kejadian tidak terulang lagi, sebenarnya yang terpenting adanya partisipasi dari masyarakat. Kita doakan mudah-mudahan pihak kepolisian cepat menangkap pelakunya dan segera dilakukan proses hukum," tutupnya. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review