19 Kelurahan di Kabupaten Bangka Dapat Anggaran Rp 300 Juta

kasmirudin
19 Kelurahan di Kabupaten Bangka Dapat Anggaran Rp 300 Juta
Sekda Kabupaten Bangka, Achmad Muchsin. (Foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Dana kelurahan yang dikucurkan pemerintah pusat ke Pemerintah Kabupaten Bangka, melalui dana alokasi umum tambahan dalam tahap pertama sudah selesai disalurkan ke 19 kelurahan yang berada di dua kecamatan.

Halaman tersebut diungkapkan Sekda Kabupaten Bangka, Achmad Muchsin saat ditemui di lobby kantor Pemkab Bangka,Rabu (31/7/2019).

Dia mengatakan, bahwa yang berkaitan dengan penggunaan dana kelurahan pihak pemerintah daerah akan memonitor dan akan meminta laporan tentang pelaksanaan kegiatan yang sedang berjalan.

"Setiap kelurahan mempunyai kewajiban untuk melaporkan semua bentuk kegiatan yang mereka lakukan. Untuk anggaran dana kelurahan pada tahap pertama sudah kita sudah cairkan, dana setiap kelurahan itu sebesar Rp 300 juta lebih. Tahap pertama kita cairkan 50 % dan tahap kedua 50% nya lagi," terangnya.

Ia menjelaskan, untuk di Kabupaten Bangka ada sebanyak 19 kelurahan yang berada di dua kecamatan yaitu Kecamatan Sungailiat dan Kecamatan Belinyu.

"Kita mengharapkan dengan dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk membangun fasilitas yang belum ada di kelurahan tersebut, untuk menunjang kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti pembangunan Posyandu, penanganan sampah dan sebagainya," jelas Achmad Muchsin.

Ditegaskan Achmad Muchsin, supaya dana tersebut dipergunakan dengan baik dan capaian progresnya setiap akhir tahun dapat terealisasikan.

Muchsin menambahkan, jika pemda belum mendapatkan laporan progres dari setiap kelurahan, dan bupati berpesan agar laporan dapat segera diberikan.

"Bupati juga meminta kepada Kabag Pembangunan untuk melakukan monitoring terhadap kegiatan tersebut dan melaporkan kegiatan pencapaian penggunaan dana itu. Kita yakin dan percaya kepada lurah, karena kapasitas mereka sudah cukup mumpuni dan kita juga sudah memberikan petunjuk teknis dalam pelaksanaan penggunaan dana tersebut. Kami akan berikan penindakan jika mereka menggunakan dana itu tidak sesuai dengan perencanaan. Mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan semuanya tepat sasaran," tutup sekda Bangka. (BBR)


Penulis  : Ibnu
Editor    : Kasmir
Sumber : Babel Review