220 Jenis Durian Lokal Babel Berebut Jadi Juara

Ahada
220 Jenis Durian Lokal Babel Berebut Jadi Juara
Sedikitnya 220 varietas jenis buah durian milik petani durian lokal ikut dalam ajang kontes dan bazar durian, yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Pemprov Babel hari ini, Sabtu (11/01/2020). (Foto:firly/babelreview)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID  -  Musim panen durian yang telah berlangsung dua bulan terakhir ini, ternyta mampu juga membawa nama Bangka Belitung ke kancah nasional sebagai daerah penghasil beragam jenis durian.

Bahkan beberapa jenis durian yang dikembangbiakan di Babel telah menjadi ikon daerah ini. Guna mendukung dalam pengembangan durian varietas unggul di Babel, berbagai strategi dilakukan pemerintah untuk menjadikan varietas buah durian lokal di Bangka Belitung yang memiliki kualitas dengan cita rasa unggul biaa memiliki brand yang tinggi.

Beberapa varietas yang kerap kali menjadi perbincangan disaat musim durian tiba, kini terus ditanam dan dibudidayakan oleh masyarakat secara luas.

Bagi Pemprov Babel, ternyata tidak saja cukup dengan mendukung dan memberikan penyuluhan terkait pengembangan tanaman durian ini.

Dalam rangka mengapreasi dan memotivasi masyarakat gemar menanam dan mengembangkan durian, Pemprov Babel menggelar kontes durian.

Kegiatan ini dilaksanakan  di halaman Kantor Gubernur Bangka Belitung. Sedikitnya 220 varietas jenis buah durian milik petani durian lokal ikut dalam ajang kontes dan bazar durian.

Durian kelereng, durian super tembaga, durian kuning, dan durian tabar merupakan jenis durian lokal Bangka Belitung yang diikutkan dalam ajang kontes dan bazar durian yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Pemprov Babel hari ini, Sabtu (11/01/2020).

Namun, ada beberapa kriteria untuk mengikuti kontes buah durian yang telah ditetapkan oleh panitia, diantaranya para peserta harus memberikan nama pada buah durian yang dikonteskan, kebun atau pohon durian tidak berada di kawasan hutan, bersedia membawa entres tanaman durian, para pemenang kontes diwajibkan membuat surat pernyataan bersedia melepas untuk menjadi durian unggul nasional, serta persyaratan lainnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara kegiatan kontes, Kepala Dinas Pertanian Babel, Junaidi, mengungkapkan ajang kontes ini untuk mencari bibit-bibit unggul dari buah durian sehingga kedepannya bisa dikembangkan sebagai salah satu usaha perkebunan unggulan yang memiliki nilai tinggi.

“Kontes dan bazar ini tujuannya untuk mengeksplore durian-durian lokal Bangka Belitung, sehingga nanti bisa kita dapatkan yang bagus-bagus. Jika nanti memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, nanti langsung kita daftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas Kementerian Pertanian. Setelah nanti didaftarkan, baru nanti kita proses untuk pelepasan varietas," ungkap Junaidi.

Selain pengembangan usaha perkebunan, buah durian lokal unggulan juga menjadi salah satu sajian kuliner khas Bangka Belitung yang dapat dinikmati oleh para wisatawan selama berkunjung ke Bangka Belitung, khususnya pada bulan November dimana musim panen dimulai, untuk menikmati cita rasa yang legit dan harga yang terjangkau.

“Jika sudah didapatkan jenis-jenis varietas baru dan durian unggul dari masing- masing kawasan, maka kawasan tersebut akan kita kembangkan, sehingga nanti ke depannya kita ingin ada pengembangan kawasan pertanian berbasis durian lokal yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan juga untuk dipasarkan di luar Babel," tutur Junaidi. (BBR)