44 Kantong Darah Darah Terkumpul dari Kecamatan Payung

kasmirudin
44 Kantong Darah Darah Terkumpul dari Kecamatan Payung
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Selatan bersama dengan PMI Kecamatan Payung, bergandengan dengan PMI Kota Pangkalpinang mengadakan donor darah di Kecamatan Payung, Kamis (26/3/2020). (Foto: Istimewa)

 

PAYUNG, BABELREVIEW.CO.ID -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Selatan bersama dengan PMI Kecamatan Payung, bergandengan dengan PMI Kota Pangkalpinang berkekuatan 9 kru mobile Unit (MU), mengadakan kegiatan donor darah sukarela yang rutin digelar setiap tiga bulan sekali di Pendopo Kantor Camat Payung.

Kegiatan donor darah tersebut dihadiri Ketua PMI Bangka Selatan M. M. Iskandar dan Ketua PMI Kecamatan. Payung,  Nelly Nepuspita , yang ikut serta mendonorkan darahnya dalam masa isolasi karantina Virus Corona yang saat ini sedang mewabah. Kegiatan diikuti 44 peserta pendonor. 

“Kami merasah lega bisa mengadakan kegiatan donor darah ini, karena di rumah sakit pasien membutuhkan dan menunggu darah untuk ditransfusi kepada mereka yang membutuhkan.  Ini kan kegiatan untuk kemanusiaan bukan kumpul-kumpul tak jelas. Pagi ini pasien berdatangan dengan mengunakan alur yang sudah kami setting sedemikian rupa,” kata Iskandar, Kamis (26/3/2020). 

Setiap peserta donor yang datang harus cuci tangan dulu pakai sabun sampai ke lengan atas, mengisi isian pendonor pemeriksaan HB dan cek up akhir oleh dokter pendamping konselor dari pihak PMI Kota Pangkalpinang dan pihak dari puskesmas Payung. Setiap pasien diperiksa dulu, duduk dengan jarak yang diatur. 

Iskandar menyatakan, dari kegiatan ini pihaknya berhasil mengumpulkan 44 kantong darah dari total 44 pendaftar. semua Peserta dapat menyumbangkan darahnya dan tidak ada peserta yang gagal aktap. Semua berhasil dan darahnya langsung dibawa ke PMI kota Pangkalpinang. Karena PMI Bangka Selatan belum ada tempat penampung darah.

"Alhamdulillah dalam kegiatan ini kami bersama Unit Donor Darah PMI Kota Pangkalpinag berhasil mengumpulkan 44 kantong darah," ujarnya 

Iskandar mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah turut membantu pelaksanaan donor darah ini seperti Honda TDM Payung yang ikut menjadi sponsor kegiatan ini setiap pendonor mendapatkan snack berupa susu ultra,  biskuit,  air mineral, gift berupa Payung,  kopi sancet dan tas sponbond. 

Nantinya lanjut Iskandar, kantong darah akan disalurkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan saluran atau bantuan darah, serta untuk mendukung pasokan darah di Pangkalpinang. PMI Bangka Selatan mempunyai pendonor sebanyak 1.212 pendonor. 

"Kami berharap dengan bantuan ini dapat kembali membantu saudara-saudara kita yang memerlukan pasokan darah," tukasnya. 

PMI Bangka Selatan sudah mengumpul darah sebanyak 244 kantong darah sejak Januari hingga Maret 2020. Di bulan April sudah menunggu pihak pendonor darah dari Gereja Pantekosta Isa Almasih (GPIA) Lembah Kasih Teladan Dalam, yang akan diadakan pada Minggu, 5 April 2020 atas seijin Kapolres Bangka Selatan. (BBR)