50 Hektar Lahan Pemprov Babel Bakal Disulap untuk Fasilitas Umum, Mulai Jogging Track Hingga Arena Balap

Ahada
50 Hektar Lahan Pemprov Babel Bakal Disulap untuk Fasilitas Umum, Mulai Jogging Track Hingga Arena Balap
Lahan di lingkungan Pemprov Babel seluas 50 hektar ini bakal dibangun fasilitas umum. (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - Gubernur Babel Erzaldi Rosman menginginkan beberapa lahan milik Pemprov Babel, khususnya area Perkantoran Gubernur Kepulauan Babel ini lebih dimanfaatkan untuk fasilitas umum seperti ruang terbuka hijau, "jogging track".

Bahkan Gubernur berharap sebagian lahan, jika memungkinkan bisa menjadi arena balap.

Menurut Gubernur Erzaldi, setidaknya 50 hektar area yang terdiri atas tanah, jalanan, hingga kolong ekstambang timah inilah yang ingin dirubah agar menjadi lebih bermanfaat dan lebih asri.

“Saya ingin sekali jalanan yang dibangun di ruang terbuka hijau ini bahkan menjadi arena track motor, sehingga tidak perlu lagi pinjam pakai jalanan umum saat ada event balap di Babel,” ungkapnya.

Dalam niat baik ini, Gubernur Erzaldi sangat menyesal karena area kolong yang begitu berdekatan dengan Kantor Gubernur Kepulauan Babel bahkan kerap menjadi alih fungsi sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Bahkan saat ditinjau Senin (15/6/2020), Gubernur Erzaldi menemukan tambang timah rakyat yang sedang beroperasi.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Erzaldi berdialog bersama para penambang, serta memberikan sedikit teguran agar penambangan liar tidak lagi merusak lahan ini.

“Kita bersama-sama bantu persiapan pembangunan lahan ini, pembuangan sampah dihentikan, sambil meratakan lahan yang banyak bercampur dengan sampah, penambang diharap ikut membantu,” ungkapnya.

Kondisi lahan terdebut dibahas juga bersama Camat Pangkalan Baru dan Kades Padang Baru agar pembuangan sampah dari kecamatan ini dikembalikan ke tempat semula yang berlokasi di Jalan Raya Koba.

Kadis PU Babel dan Kadis Perkim Babel juga diarahkan untuk membantu perataan jalanan di TPA ini.

“Jika kendala pembuangan sampah akhir adalah jalanan yang sulit ditempuh, maka akan dibantu perataan lahannya agar lebih mudah dalam proses pembuangan.

Pemprov Babel juga akan berikan bantuan mobil truk untuk pengangkutan akhir ke TPA ini, agar disiapkan segera dengan koordinasi yang baik,” tukas Gubernur. (BBR)
Sumber : Nona Humasprov
Foto : Saktio