54 ODP di Kabupaten Bangka Akhiri Masa Karantina Mandiri

Ibnuwasisto
54 ODP di Kabupaten Bangka Akhiri Masa Karantina Mandiri
Ketua Tim Relawan Pemantau ODP Wilayah Kabupaten Bangka, Supriyanto saat melepas gelang Pemantau pasien ODP, Kamis (30/4/2020). (Foto.Ist)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Sampai dengan hari ini sebanyak 54 ODP di Kabupaten Bangka sudah mengakhiri masa karantina mandiri dengan mendatangi Puskesmas terdekat dan melaporkan ke Posko Pemantau ODP Wilayah Kabupaten Bangka.

Ketua Tim Relawan Pemantau ODP Kabupaten Bangka, Supriyanto menjelaskan jika untuk wilayah ODP yang berdomisili di sekitar Kecamatan Sungailiat dan Pemali Pemotongan Gelang Pantau dilakukan di Posko Pemantau ODP dengan melampirkan surat keterangan pemeriksaan kesehatan dari puskesmas terdekat dan selanjutnya akan dilakukan penghapusan data ODP dari Pemantauan.

"Selama masa melakukan karantina mandiri ODP diberikan edukasi dan informasi melalui pemantau yang dilakukan oleh tim relawan pemantau ODP," terangnya, Kamis (30/4/2020).

Ditegaskan Supriyanto, jika pasien ODP yang berakhir masa karantinanya jika tidak melampirkan surat keterangan pemeriksaan kesehatan dari puskesmas terdekat maka tim relawan pemantau tidak akan memotong gelang pantau dan tidak dilakukan penghapusan data pantau.

"Kalau ODP tidak melampirkan surat keterangan pemeriksaan kesehatan dari puskesmas kami tidak mau ambil resiko. Akan tetap kami pantau sampai benar benar ODP ini mendapat surat keterangan pemeriksaan kesehatan dari puskesmas.

Dia menuturkan hal tersebut dilakukan oleh pihaknya untuk menjaga orang yang berstatus ODP dikemudian hari menjadi OTG dan PDP.

"Ini akan terus kami kawal guna pencegahan penyebaran Covid 19 di kabupaten Bangka dan umumnya di Bangka Belitung," tutup Ujang Supriyanto selaku Ketua Tim Relawan Pemantau ODP Wilayah Kabupaten Bangka.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review