680 Personil Siap Amankan Pemilu 2019 di Kabupaten Bangka

kasmirudin
680 Personil Siap Amankan Pemilu 2019 di Kabupaten Bangka
Kapolres Bangka AKBP M Budi Ariyanto S.I.K, M.H. (foto: Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID -- Dalam rangka pengamanan untuk menyambut Pemilu 2019, Polres Bangka bersama TNI menggelar Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolres Bangka, Jumat ( 22/3/2019 ).

Kegiatan apel gelar pasukan ini diikuti oleh anggota kepolisian, TNI, Bupati Bangka, Ketua DPRD Kabupaten Bangka, Ketua KPU Kabupaten Bangka, Ketua Bawaslu Bangka, Satpol PP Kabupaten Bangka, Satuan Perlindungan Masyarakat ( Linmas ), FKUB Kabupaten Bangka, Pelajar dan beberapa organisasi masyarakat di Kabupaten Bangka.

Kapolres Bangka AKBP M Budi Ariyanto S.I.K, M.H menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menunjukkan kesiapan kita dalam menghadapi pemilu serentak tahun ini.

“Baik kesiapan dari aparat kepolisian, TNI, Pemda, KPU, Bawaslu, semua penyelenggara dan masyarakat. Semua siap dan mendukung untuk menyukseskan dan mengamankan pemilu serentak 2019,” ujarnya.

Budi Ariyanto katakana, untuk Polres Bangka dalam menghadapi Pemilu 2019 ini sudah menyiapkan pasukan polisi ataupun pasukan BKO.

Baca Juga: Dua Kontainer Logistik Pemilu Tiba di Kantor KPU Bangka

“Kita sudah menyiapkan pasukan sebanyak 560 personil. Terdiri dari anggota Polres Bangka sebanyak 384, BKO dari Polda 146 dan TNI sebanyak 150 personel. Pasukan tersebut disiapkan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2019,” terangnya.

Kapolres Bangka menyampaikan, di Kabupaten Bangka untuk saat ini belum ada titik rawan, tetapi akan antisipasi dengan menempatkan personil di beberapa basis-basis tim kemenangan calon pilpres ataupun calon pileg. Yang biasanya ditempatkan satu personil, untuk saat ini ditempatkan dua personil.

“Kita sudah menyiapkan sistem rayonisasi pengamanan di setiap Polsek. Itu merupakan salah satu langkah-langkah yang kita lakukan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan,” jelas kapolres.

Budi Ariyanto juga berpesan kepada personilnya untuk menjaga netralitas sebagai anggota Polri. Ia menyampaikan ada 14 item perintah dari pimpinan pusat tentang penyingkapan netralitas Polri dalam Pemilu 2019.

“Saya imbau kepada seluruh warga masyarakat, marilah kita menyikapi secara dewasa apabila ada berita hoax, berita yang mencemarkan nama baik seseorang atau institusi seseorang jangan sampai ikut serta dalam menyebarkan berita bohong,” tegasnya. (BBR)


Penulis  : Ibnu                                                                 
Editor    : Kasmir
Sumber  : Babel Review