Tips Kesehatan: 6 Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan, Cegah Pikun Hingga Kanker

Kasmirudin
Tips Kesehatan: 6 Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan, Cegah Pikun Hingga Kanker
Lada Hitam. (Ist)

LADA HITAM merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang sering digunakan untuk menyedapkan makanan. Rempah ini adalah sumber magnesium, vitamin K, zat besi, dan serat. Lada hitam juga mengandung piperin yang, ketika digunakan dalam aromaterapi akan membantu meringankan sakit otot, masalah pencernaan, dan radang sendi.

Lada hitam juga memiliki sifat antibakteri, antioksidan, penambah kekebalan tubuh, dan penurun demam. Manfaat lada, menurut penelitian, juga dapat secara aktif digunakan dalam perawatan berhenti merokok.

Piperin dalam lada hitam memiliki banyak manfaat seperti antioksidan dan antibakteri yang dapat meningkatkan kesehatan.

Berikut manfaat lada hitam bagi kesehatan dilansir dari Stylecrazer.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat lada hitam merangsang cairan dan enzim pencernaan, sehingga dapat melancarkan pencernaan. Ini berlaku ketika Anda mengonsumsi lada hitam, terutama jika dicampurkan pada makanan. Campuran lada hitam dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda memecah dan mencerna makanan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lada hitam juga memiliki efek positif pada enzim pankreas, yang menguntungkan keseluruhan proses pencernaan.

Lada hitam juga memiliki sifat karminatif dan membantu meringankan gas lambung. Ini juga bisa meredakan perut kembung dan sakit kolik. Mengganti bubuk cabai dalam makanan Anda dengan lada hitam dapat mengobati perut kembung.

Mencegah Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa piperin dalam lada hitam memberikan aktivitas perlindungan terhadap berbagai bentuk kanker. Piperine juga meningkatkan penyerapan nutrisi lain seperti selenium, curcumin, beta-karoten, dan vitamin B dalam usus Anda. Nutrisi ini penting untuk kesehatan usus dan pencegahan kanker.

Studi di Kanada lainnya juga memuji sifat antikanker pada piperin di lada hitam. Penelitiam menunjukkan lada hitam dapat mengurangi tekanan pada rektum dan membantu mencegah kanker usus besar. Ini menunjukkan sifat yang serupa dalam kasus kanker prostat juga.

Bukan hanya itu, piperin juga dapat meningkatkan efektivitas docetaxel, obat kemoterapi yang digunakan dalam pengobatan kanker prostat.

Menurunkan Tekanan Darah

Laporan telah menunjukkan bahwa piperin dapat menurunkan tekanan darah pada hewan, dan efek serupa dapat terjadi pada manusia. Satu penelitian Slovakia menyatakan bahwa pemberian piperin secara oral dapat mengendalikan peningkatan tekanan darah.

Menelan piperin juga terbukti efektif dalam mengontrol tekanan darah dalam penelitian lain. Menariknya, piperin juga meningkatkan bioavailabilitas kurkumin, senyawa penting lain yang ditemukan dalam kunyit.

REDAKAN PILEK...

  • Halaman
  • 1
  • 2