8.348 KK Bangka Barat Terima BLT Dana Desa

Ahada
8.348 KK Bangka Barat Terima BLT Dana Desa
Bupati Bangka Barat Markus menyerahkan BLT DD di Desa Pusuk, Sabtu (9/5/2020). (Ist)

MUNTOK, BABELREVIEW.CO.ID — Sebanyak 8.348 Kepala Keluarga di Kabupaten Bangka Barat menerima BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) selama 3 (tiga) bulan, yakni Bulan April, Mei dan Juni. 

"Masing-masing akan mendapatkan Rp600 ribu selama tiga bulan hingga total menjadi Rp1,8 juta," demikian dikatakan Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar P3MD Kemendesa untuk Bangka Barat, Sardi MM disaat mendampingi Bupati Bangka Barat menyerahkan BLT DD di Desa Pusuk, Sabtu (9/5/2020) lalu.

Sardi mengatakan BLT DD diberikan sesuai dengan Permendesa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendesa Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2020.

DD di bawah Rp 800 juta alokasinya sebesar 25 persen, Rp 800 – Rp 1,2 miliar sebesar 30 persen, dan DD di atas 1,2 milar alokasinya sebesar 35 persen, sehingga di Bangka Barat DD diperuntukkan untuk BLT sebesar Rp. 15.026.400.000.

Ditambahkan Sardi, kriteria penerima BLT dana desa tidak menggunakan 14 kriteria program keluarga harapan (PKH).

Ukuran utama yang digunakan adalah penerima belum mendapatkan bantuan sosial (bansos) seperti PKH dan telah kehilangan penghasilan akibat dari Covid-19.

Data penerima manfaat akan dicocokkan melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jika terdaftar dan belum mendapatkan bansos, maka dapat menerima BLT dana desa.

“Data penerima BLT DD ini dihimpun oleh Tim Relawan Covid 19 bersama RT dan petugas lainnya. Data yang terhimpun kemudian dipilah-pilah sesuai criteria yang kemudian ditetapkan melalui Musdesus,” jelas Sardi serta mengatakan selanjutnya dibuatkan Perkades dan disampaikan ke Camat untuk ditetapkan sebagai penerima.

“Setelah ditetapkan oleh Camat atas nama Bupati, selanjutnya BLT DD dapat dicairkan,” jelas Sardi.

Ditambahkan, sesuai dengan Surat Edaran Mendes PDTT No 11 Tahun 2020 dan Surat Edaran Bupati Bangka Barat Nomor 140/407/1.6.1.1/2020 tentang BLT DD di Bangka Barat, penyaluran BLT DD untuk alokasi Bulan April dilakukan secara tunai di minggu pertama Bulan Mei.

Sedangkan untuk alokasi Bulan Mei dan Juni 2020 dilakukan secara nontunai selambat-lambatnya tanggal 15 pada bulan berjalan.

“Jadi Alhamdulillah untuk tahap pertama sudah selesai disalurkan desa,” jelas Sardi.

Ia menambahkan pada penyerahan tahap pertama ini ada beberapa desa yang secara simbolis diserahkan langsung oleh Bupati Bangka, Markus SH yakni Desa Air Belo, Desa Air Limau, Desa Mayang, Desa Simpang Tiga, Desa Kundi, Desa Tumbek Petar, Desa Sinar Manik, Desa Puput, Desa Terentang, Desa Tebing, Desa Beruas, Desa Tuik, Desa Pusuk, dan Desa Tempilang.

Bupati Bangka Barat Markus SH mengharapkan  BLT DD bisa meringankan beban masyarakat Bangka Barat yang terdampak Covid 19.

“Saya mengharapkan BLT ini benar-benar bermanfaat untuk masyarakat. Selaian BLT DD Pemda juga akan mengalokasikan bantuan sembako dan bantuan lainnya,” harap Markus.

Bupati juga mengucapkan apresiasi kepada Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa (PD), dan Tenaga Ahli dari Kementerian Desa yang sejak awal tanpa pamrih mendampingi desa sehingga BLT DD bisa direalisasikan sesuai ketentuan. (BBR)

Laporan: @hada