96 Anggota Pramuka Al Bina Menggelar Perkemahan MOTA

Irwan
96 Anggota Pramuka Al Bina Menggelar Perkemahan MOTA

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID - Yayasan Al Bina UL Ummah Bangka Belitung tingkat SMP dan SMA Pangkalpinang menggelar Perkemahan Malam Bina Iman dan Taqwa On the Air (MOTA), bertempat di halaman sekolah Al Bina Pangkalpinang Senin (8/3/2021) hingga Selasa (9/3/2021).

Perkemahan tersebut diikuti oleh sebanyak 96 orang anggota Pramuka yang tergabung dalam kategori SMP dan SMA Al Bina Pangkalpinang.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan secara virtual dengan pihak sekolah dengan mengundang Kepala Kwarcab Kota Pangkalpinang Ibu Monica untuk menghadiri kegiatan sekaligus memberikan sambutan untuk membuka acara tersebut. Kegiatan dihadiri oleh sejumlah tamu undangan seperti kepala Yayasan Al Bina, Drs H Ridwan Thalib, Kepala SMA Albina Drs Ismail dan Kepala Sekolah SMP, Sultan Muhammad S.Ap beserta jajaran guru lainnya.

Ketua Kwarcab Kota Pangkalpinang, Monica  mengatakan kegiatan itu sangat bermanfaat untuk pembentukan mental generasi muda yang mandiri, kreatif dan inovatif. Sehingga kegiatan tersebut bakalan digelar secara berkelanjutan, walaupun situasi covid ia berpesan bahwa anak-anak harus tetap semangat dan selama acara berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19, seperti penggunaan masker, pelindung wajah, dan penerapan satu tenda satu orang.

Selanjutnya, dari kegiatan ini diharapkan membentuk kepribadian dan akhlak yang mulia bagi kaum muda, menanamkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air kaum muda, meningkatkan ketrampilan kaum muda sehingga siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang tangguh, serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal.

Kepala SMP Al Bina, Sultan Muhammad S.Ap., dan pembina gudep, Abdullahi, S.Pd., kepada media ini menuturkan bahwa berbagai kegiatan selama 2 hari di lokasi perkemahan berlangsung lancar sesuai protokol kesehatan.

"Di kegiatan ini mental dan karakter anak dibentuk melalui kegiatan-kegiatan pramuka sesuai Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Tanpa memandang latar belakang peserta didik, suasana persaudaraan, persahabatan dan kekeluargaan tercipta, peserta menjadi akrab dalam satu lingkaran besar," tuturnya.

Selanjutnya kepala SMA Al Bina menambahkan jika selama perkemahan, anak-anak belajar bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan patriot giat melaksanakan amanat penderitaan, ikhlas berkorban untuk keadilan dan kemuliaan Indonesia.

Selain itu harus bergotong-royong, dipercaya, bersusila dan berbudi luhur, hemat, cermat dan bersahaja, pantang menyerah, bertanggung jawab dan berwatak ksatria serta bertindak secara disiplin sesuai amanah dasa dharma pramuka,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, jadwal kegiatan diisi dengan diskusi projek kebaikan, pelaksanaan projek kebaikan, pembuatan tenda di rumah masing-masing, pelaksanaan ibadah (shalat, tilawah, al matsurat, dan qiyamullail) al matsurat melalui zoom, training motivasi dan kegiatan olahraga. Tapi bedanya kegiatan kali ini dilakukan secara virtual.

Sementara itu Kepala Yayasan Drs Ridwan Thalib mengingatkan kepada kepala sekolah, guru, pembina maupun anggota Pramuka harus melakukan tiga hal, yaitu disiplin terkait protokol kesehatan, hidup bersih dan menjaga keselamatan diri sendiri.

"Tiga hal yang harus dilakukan anggota Pramuka, disiplin terkait protokol kesehatan, hidup bersih dan menjaga keselamatan diri sendiri. Ketika kita akan membantu orang lain, tentunya kita harus menyelamatkan diri sendiri dengan memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar," tutup Ridwan. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan