Ada Keluhan Penyaluran Bantuan Sosial Tunai, Laporkan ke Ombudsman.

Irwan
Ada Keluhan Penyaluran Bantuan Sosial Tunai, Laporkan ke Ombudsman.
Shulby Yozar Ariadhy, Kepala Perwakilan Kep. Babel. (Foto: Ferly Aditya/BBR)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID – Pemerintah melakukan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial tahap II Tahun 2021 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Adapun jumlah alokasi penerima sebanyak 22.585 orang yang tersebar di 6 Kabupaten dan 1 Kota. 

Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung menyoroti penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) yang memiliki potensi maladministrasi oleh penyelenggara pelayanan publik, seperti penyimpangan prosedur, tidak diberikan layanan, perbuatan tidak patut, dan sebagainya.

Oleh karena itu, diharapkan masyarakat dapat menyampaikan keluhan  
penyaluran BST kepada Ombudsman.

“Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung menaruh perhatian terhadap penyaluran BST. Pada dasarnya program BST bersumber dari anggaran negara sehingga menjadi domain pengawasan kami. Apabila ada penyelenggara pelayanan publik yang melakukan penyimpangan harap segera masyarakat menyampaikan keluhannya kepada Ombudsman dengan berkonsultasi atau menyampaikan laporan melalui kanal-kanal pengaduan yang telah tersedia” ujar Shulby Yozar Ariadhy selaku Kepala Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung.

Dia juga mengimbau agar pihak penyalur dalam hal ini bisa menyalurkan bantuan tersebut sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara tepat.

Terlebih lagi penyaluran BST ini tidak hanya dilakukan di Kantor Pos, tetapi juga pusat komunitas masyarakat seperti kantor kecamatan dan kantor kelurahan/desa.

“Kami harap pihak penyalur dapat berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 agar tidak terjadi kerumunan dan tidak ada pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Kami akan menindaklanjuti setiap keluhan masyarakat seputar penyaluran BST berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan berlaku.” tutup Shulby Yozar Ariadhy.

Masyarakat dapat menyampaikan aduan kepada Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung melalui datang langsung, WhatsApp 08119733737, Telepon 0717-9114193 atau media sosial Ombudsman, seperti Facebook dan Instagram. (*)