Ada Makam Tanpa Nama Di Samping Batin Samad; Kerabat Sultan Cirebon ataukah Banten?

Ahada
Ada Makam Tanpa Nama Di Samping Batin Samad; Kerabat Sultan Cirebon ataukah Banten?
Makan orang penting abad VX. (kulul)
Makan orang penting abad VX. (kulul)
Makan orang penting abad VX. (kulul)

SIMPANG RIMBA, BABELREVIEW.CO.ID - Ada makam orang penting abad XV di aliran Sungai Pemancing, terletak sekitar 2 km dari Desa Gudang Kecamatan Simpang Rimba Kabulaten Bangka Selatan.

Lokasi makam ini sebenarnya masuk wilayah Desa Sebagin. Diduga makam ini adalah makam orang penting pada masa jayanya kerajaan-kerajaan di Nusantara. Hal ini bisaterlihat dari bentuk nisannya yang unik dengan motif bunga serta berukiran.

Muslimin, warga Desa Gudang Kecamatan Simpang Rimba kabupaten Bangka Selatan menceritakan bahwa makam ini berada di Perkebunan bapaknya Haji Mustapa, dan makam ini sengaja dijaga agar tetap terpelihara.

"Makam ini ada dikebun bapak saya, dan sebelumnya disini merupakan hutan. Selain makam ini, banyak lagi makam yang lain", ungkapnya.
 
Menurut Muslimin, selain makam yang belum dikenal ini masih ada makam lain dan seingatnya ada sembilan makam yang dulu ia tahu.
 
Pasalnya, ketika lahan ini belum digarap dan masih hutan belantara, ia sering ke makam ini karena kebun orangtuanya tidak jauh dari makam tersebut.
 
"Sebelum ini di tebas disiangi dan masih hutan belantara, kata nenek saya ada lagi makam yang lain, dan seingat saya yang dulu nisannya masih lengkap ada sembilan makam. Nisannya berbeda terbuat dari batu, agak tinggi, namun sekian tahun berikutnya nisannya diganti orang dengan botol, hingga yang tersisa hanya ini dan Makam Batin Samad," imbuhnya.
 
Dari informasi yang  berhasil dikumpulkan, makam yang sering dikunjungi dan diziarahi oleh penduduk setempat maupun diluar wilayah Kecamatan Simpang Rimba adalah makam Batin Samad. Antara makam Batin Samad dan makam tanpa nama itu berjarak sekira 5 meter saja.
 
Batin Samad, adalah seorang pejuang pada masanya dan sangat di hormati oleh penduduk dan orang-orang yang mengenalnya.
 
Dipercaya Batin Samad  mempunyai karomah. Setelah ia meninggal orang sering berziarah di makamnya, dan hingga saat ini orang masih mengenalnya serta menziarahinya.
 
Beda dengan makam yang bentuk nisannya yang unik itu, penduduk setempat tidak mengenal siapa yang dimakamkan disini. 
 
Untuk menghilangkan rasa...
 
  • Halaman
  • 1
  • 2