Ada Perubahan Stimulus Listrik Periode April-Juni 2021, Ini Penjelasan PLN

Irwan
Ada Perubahan Stimulus Listrik Periode April-Juni 2021, Ini Penjelasan PLN

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Pelanggan prabayar daya 450 VA, kini tak perlu lagi akses token melalui web, layanan whatsapp, maupun PLN Mobile untuk mendapatkan stimulus listrik triwulan II 2021.

Sebab stimulus akan langsung di dapat saat pelanggan membeli token listrik.

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April-Juni 2021, besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya, yaitu:

1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

PLN siap menjalankan keputusan Pemerintah tersebut dan berharap hadirnya stimulus listrik dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif, serta meningkatkan daya beli masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Hal ini merupakan bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Sebanyak 77.546 pelanggan di Bangka Belitung masih akan tetap berhak mendapat stimulus listrik, terdiri dari 45.479 pelanggan daya R1 450 VA, 462 pelanggan daya B1 450 VA dan 41.605 pelanggan daya 900 VA. Karena sifatnya perpanjangan, maka kami yakin penyalurannya akan berjalan lancar,” terang Manager Komunikasi PLN Babel, Tri Putra Septa.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri.

Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Sementara itu, bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan.

“Untuk memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus, PLN membuka saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore serta posko-posko yang sudah didirikan di kantor layanan PLN terdekat,” tutup Tri. (*)