Ada Riwayat Kontak Erat, Bayi Usia 1 Bulan Positif Covid-19

Irwan
Ada Riwayat Kontak Erat, Bayi Usia 1 Bulan Positif Covid-19
Boy Yandra

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka menyebutkan bahwa dari 37 orang yang dinyatakan positif terkonfirmasi virus corona hari ini terdapat satu balita usia 1 bulan dengan inisial RR yang beralamatkan di Lingkungan Bukit Kuala, Kelurahan Matras.

"Pasien RR sebenarnya tidak mempunyai riwayat perjalanan, dan masuk dalam kategori orang tanpa gejala dengan status transmisi lokal. Dan saat ini yang bersangkutan telah dilakukan karantina mandiri di rumahnya," jelas Boy Yandra, Sabtu (1/5/2021).

Kemudian data yang terdapat di Satgas Covid-19 Kabupaten Bangka, bahwa dari 219 yang masih menjalani isolasi dan karantina terbanyak berasal dari Kecamatan Sungailiat yaitu dari 1.298 positif sudah sembuh 1.188 orang, Kecamatan Pemali ada 438 positif sudah sembuh 391 orang dan Kecamatan Belinyu yang positif ada 213 orang dan sembuh 180 orang.

Sedangkan untuk data 46 orang yang meninggal dunia, terbanyak berasal dari Kecamatan Sungailiat ada 20 orang, Kecamatan Belinyu dan Pemali ada 5 orang.

Untuk data kontak erat ada sebanyak 4.771 dan terbanyak dari Kecamatan Sungailiat ada 1.751 orang, Kecamatan Pemali ada 1.259 orang dan Kecamatan Belinyu ada 437 orang.

Selanjutnya untuk data suspek terbanyak dari Kecamatan Sungailiat ada 760 orang, Kecamatan Pemali ada 392 orang dan Kecamatan Merawang ada 171 orang.

Dan untuk suspect discarded yang terbanyak dari Kecamatan Sungailiat ada 1.745 orang, Kecamatan Pemali ada 367 orang dan Kecamatan Mendo Barat ada 151 orang.

"Untuk saat ini, bagi penanggung jawab atau pengurus masjid agar selalu mengingatkan kepada jamaah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan baik dan benar. Yang mana jika hal itu bisa dilakukan dengan sebagaimana mestinya dapat menekan akan penyebaran virus corona di tengah masyarakat," ucapnya.

Boy Yandra menuturkan jika untuk saat ini semua tempat isolasi dan karantina yang telah disiapkan oleh pemerintah Kabupaten Bangka semuanya telah terisi penuh.

Ia katakan bagi pasien yang belum dapat diakomodir tempat karantina, maka pihaknya telah membentuk di empat kelurahan dan dua desa.

"Empat kelurahan tersebut ialah Sungailiat, Sri Menanti, Bukit Betung dan Kenanga. Sedangkan untuk desa yaitu karya makmur dan air ruai. Saya berharap di Kabupaten Bangka dapat secepatnya kembali ke zona aman atau hijau, sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti semula," tandasnya. (BBR)

Laporan: Ibnu

Editor: Irwan