Ajak Petani Gabung Koperasi Petani Lada Babel, Haji Duk Beberkan Manfaatnya

Irwan
Ajak Petani Gabung Koperasi Petani Lada Babel, Haji Duk Beberkan Manfaatnya

TOBOALI, BABELREVIEW.CO.ID -- Ketua Koperasi Petani Lada Babel Sukri atau yang akrab disapa Haji Duk mengajak masyarakat khususnya para petani di Bangka Selatan untuk bergabung dengan Koperasi Petani Lada Babel.

Diakui Haji Duk, besarnya koperasi ditentukan oleh banyaknya anggota koperasi.

"Saya mengajak Bapak Ibu sekalian untuk bergabung bersama koperasi mengingat Koperasi Lada Babel berkolaborasi dengan Pemerintah melalui Instansi terkait," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain berkolaborasi dengan Pemerintah, Koperasi Lada Babel juga terus melakukan berbagai inovasi.

"Salah satu yang menjadi inovasi kita adalah Tasela (Tanaman Sela Lada) dimana tanaman lada diselingi dengan tanaman lain seperti kacang tanah," ujarnya.

Dikatakannya, tanaman lada dan kacang tanah saling membutuhkan satu sama lain, begitu juga dengan tanaman Kelapa Sawit dan tanaman kopi.

"Mengapa dipilih kopi, karena kopi saat ini merupakan kebutuhan sehari hari warga. Saat ini juga pasokan kopi di Babel didapat dari luar," katanya.

Tak hanya itu, lanjutnya tanaman kopi dipilih mengingat tanaman kopi cepat panen.Jarak dua tahun sejak ditanam, kopi sudah bisa dipanen, Jumat (4/6/2021).

Terakhir ia mengatakan, dengan bergabung dengan koperasi juga para petani bisa mengetahui perkembangan harga komoditi pertanian sesuai dengan harga standar serta dengan bergabung di koperasi para anggotanya tidak sulit untuk menjual hasil taninya. (BBR)

Laporan: Andre

Editor: Irwan