AJI Biro Pangkalpinang Bersama Australian Embassy Gelar Workshop Usung Tema Profesionalisme Jurnalis Hadapi Hoax

Ibnuwasisto
AJI Biro Pangkalpinang Bersama Australian Embassy Gelar Workshop Usung Tema Profesionalisme Jurnalis Hadapi Hoax
Workshop AJI Biro Pangkalpinang bersama Australian Embassy di Hotel Tanjung Pesona Beach & Resort Sungailiat Bangka, Jum'at (7/2/2020). (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) bersama dengan Australian Embassy menggelar Workshop Etik dan Profesionalisme Jurnalis dengan mengusung tema Profesionalisme Jurnalis Menghadapi Hoax di Hotel Tanjung Pesona Beach & Resort, Sungailiat Bangka, Jum'at (7/2/2020).

Workshop yang diikuti oleh 50 anggota perwakilan jurnalis AJI se Bangka Belitung dan mahasiswa.

Koordinator AJI Biro Pangkalpinang, Barliyanto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program dari AJI untuk memberikan sebuah pengetahuan bagi para wartawan agar bersikap profesional dan bisa memberikan informasi berdasarkan fakta bukan hoax.

"Di era disrupsi seperti sekarang ini, jurnalis harus jeli dalam menyajikan sebuah fakta. Dan pengetahuan dalam workshop ini kita berikan khusus bagi perkembangan jurnalisme yang ada di Bangka Belitung," jelasnya.

Ia katakan untuk kegiatan workshop ini akan dibagi dalam dua sesi, sesi pertama akan di isi oleh Willy Pramudya yang akan memaparkan terkait etika pers pada ranah aturan serta prinsip penting dalam peliputan dan publikasi berita.

Kemudian di sesi kedua, akan di isi oleh Budisantoso Budiman dengan materi hukum pers mengenai cara menghindar ranjau pidana dan perdata.

"Acara workshop ini merupakan event terbuka yang pertama kali dilakukan oleh AJI Biro Pangkalpinang," ujarnya.

Menurutnya, jika kegiatan workshop ini juga merupakan sebagai ajang sosialisasi eksistensi AJI yang berada di Pangkal Pinang dan Bangka Belitung.

"Saat ini AJI Biro Pangkalpinang masih menginduk dengan Biro yang ada di Kota Palembang. Saya berharap pada kongres AJI bulan November 2020 mendatang, AJI Biro Pangkalpinang dapat segera disahkan menjadi AJI Kota sendiri," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review