Akhir Bulan Februari 2020, 62 Desa di Kabupaten Bangka Akan Menerima Bantuan Dana Desa

Ibnuwasisto
Akhir Bulan Februari 2020, 62 Desa di Kabupaten Bangka Akan Menerima Bantuan Dana Desa
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Tony Marza. (Foto.Ibnu)

SUNGAILIAT, BABELREVIEW.CO.ID - Hadiri rapat koordinasi teknis (Rakornis) terkait dengan penyaluran dana desa di Ruang OR Pemkab Bangka, Kamis (27/2/2020), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka, Tony Marza mengatakan jika Pemkab Bangka akan melakukan percepatan dalam penyaluran dana desa ke seluruh desa yang ada di seluruh pemerintahan Pemkab Bangka.

"Hal tersebut kami lakukan agar para pejabat desa dapat melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan oleh pemerintah desa dengan waktu secepatnya," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa penyaluran bantuan dana desa akan dilakukan di akhir bulan Februari, dengan proses pemberian bantuan secara bertahap. Dan tahap pertama akan dilaksanakan di bulan ini.

"Tujuan kita laksanakan rakornis ini salah satunya untuk melakukan percepatan penyaluran dana desa itu. Untuk proses penyaluran dana desa ini akan dilakukan secara tiga tahap," terangnya.

Ia menjelaskan untuk besaran jumlah alokasi pada tahap pertama dan kedua akan disalurkan sebesar 40 persen. Dan akan dilanjutkan tahap ketiga dengan jumlah 20 persen.

"Dana desa ini nantinya akan langsung di transfer ke rekening desa masing-masing, sehingga dana itu tidak terkumpul di bendahara desa. Total dana desa untuk Kabupaten Bangka sendiri sebesar Rp. 62.160.367.000," ujar Tony Marza.

Menurutnya, jumlah bantuan dana desa yang akan disalurkan berbeda jumlahnya setiap desanya, hal tersebut tergantung dari dari beban kerja dan wilayah dari setiap masing-masing desa. Dan untuk setiap desa, rata-rata akan mendapatkan bantuan dana desa sebesar 1 milyar.

"Dari 62 desa yang ada di Kabupaten Bangka seluruhnya akan mendapat bantuan dana desa tersebut. Untuk mekanisme sistem pertanggungjawaban uangnya dapat dilakukan dengan sistem online dan mengenai dengan fisiknya akan dilakukan dengan sistem monitoring dan evaluasi," pungkasnya.


Penulis : Ibnu

Editor :

Sumber : Babel Review