Akses Jalan Rusak Akibat Truk Pasir, Kabid Bina Marga Babel: Itu Tanggung Jawab Perusahaan Tambang

kasmirudin
Akses Jalan Rusak Akibat Truk Pasir, Kabid Bina Marga Babel: Itu Tanggung Jawab Perusahaan Tambang
Kondisi jalan Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, yang rusak akibat aktivitas tambang pasir kuarsa milik PT. Walitampas. (Foto: Faisal)

LUBUK BESAR, BABELREVIEW.CO.ID -- Kondisi jalan Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, yang merupakan jalan utama warga terlihat rusak akibat aktivitas tambang pasir kuarsa milik PT. Walitampas.

Pantaun Babel Review di lapangan, kondisi jalan provinsi yang merupakan akses utama yang selalu digunakan oleh warga tersebut sangat memprihatinkan. Karena sudah berlubang dan dipenuhi pasir, sehingga banyak warga berhati-hati saat melintas.

Kepala Bidang  Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bangka Belitng, Yopi mengatakan, jalan tersebut rusak dan berpasir karena dijadikan perlintasan armada angkutan tambang.

"Secara domainnya memang jalan tersebut wewenang pemerintah provinsi, namun kerusakan tersebut diakibatkan lalu lalang truk pengangkut pasir. Sehingga seharusnya menjadi tanggung jawab perusahaan tambang untuk merawatnya, agar tidak membahayakan pengendara," ujarnya kepada Babel Review, Kamis (21/5/2020).

Ia menyampaikan, jalan yang dijadikan perlintasan armada angkutan truk pasir tersebut seharusnya menjadi tanggung jawab perusahaan tambang, namun hingga saat ini pihaknya yang selalu rutin membersihkan jalan tersebut.

"Sampai saat ini kami sudah berulang kali membersihkan jalan tersebut. Namun, karena aktivitas tambang tersebut berlangsung setiap hari, harus ada perhatian lebih dari perusahaan tambang untuk merawat perlintasan tersebut. Agar tidak membahayakan warga yang melintas," pungkasnya. (BBR)


Penulis : Faisal

Editor   : Kasmir