Alasan Bumdes Inisiasikan Pembangunan Pabrik CPO Sawit Didukung Banyak Pihak

kasmirudin
Alasan Bumdes Inisiasikan Pembangunan Pabrik CPO Sawit Didukung Banyak Pihak
Anggota DPRD Basel bersama Kajari dan Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan serta investor seusai rapat pembahasan pembangunan pabrik CPO, Kamis (4/10/2018). (foto: Andre)

TOBOALI, BABELREVIEW -- Usaha yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) serta Pemerintah Desa Jeriji, dalam menggaet Investor mendirikan Pabrik CPO sawit didukung oleh sejumlah pihak.

Adapun alasan BUMDes dan Pemdes menggaet Investor dalam membangun pabrik pengolahan sawit, diantaranya peningkatan ekonomi masyarakat Bangka Selatan khususnya Desa Jeriji, penyerapan tenaga kerja masyarakat sekitar serta menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Wiwin Suseno selaku Direktur BUMDes mengatakan, BUMDes berperan meningkatkan, perekonomian desa dan pembangunan pabrik sawit dianggap menjadi solusi bagi masyarakat.

"Poin penting pada perjanjian antara PT Tama Buana Jaya selaku investor dengan Pemdes dan masyarakat Desa Jeriji yang semakin meyakinkan desa ialah pabrik berkomitmen lebih dari 50 persen mengambil tenaga kerja lokal, setuju terkait kompensasi lahan, membantu 850 KK dalam bibit sawit unggul, serta diberikannya dana CSR, " jelasnya, Kamis (4/10/2018).

Memperkuat alasan tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan Kabupaten Bangka Selatan Suhadi menambahkan, melihat harga tbs (tandan buah segar) sawit dan banyaknya lahan sawit yang ada, maka keberadaan pabrik sawit baru sangat dibutuhkan.

“Makanya solusi yang kami berikan yakni mengundang investor, guna berinvestasi dalam membangun pabrik sawit. Kebetulan ada investor yang bersedia dan setelah dilakukan survey lokasi Desa Jeriji sangat cocok untuk dibangunnya pabrik sawit,” ujarnya.

Senada dengan Suhadi, Kepala Kejaksaan Negeri Basel, Safrianto Zuriat SH, MH menuturkan, sudah seharusnya mendukung investor yang mau berinvestasi di daerah Basel. Sekarang, cukup sulit untuk mendatangkan investor ke desa.

"Saya sudah sering pindah-pindah tugas, jadi daerah yang banyak investasi di daerahnya maka desa itu pasti maju. Hadirnya pembangunan pabrik ini akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Bangka Selatan khususnya Desa Jeriji," tukasnya. (BBR)


Penulis : Andre
Editor   : Kasmir
Sumber :Babelreview