Alhamdulillah SAKIP Babel Dapat Nilai BB, Gubernur: Target Tahun Depan Nilai A

Ahada
Alhamdulillah SAKIP Babel Dapat Nilai BB, Gubernur: Target Tahun Depan Nilai A
Penghargaan SAKIP diberikan langsung oleh Menteri Tjahjo Kumolo kepada Gubernur Erzaldi Rosman dalam SAKIP AWARD 2019 di Radisson Golf and Convention Center Bukit Indah Sukajadi Residential Area, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (10/2/2020). (Foto: ist)

BATAM, BABELREVIEW.CO.ID - Negeri Serumpun Sebalai patut berbangga atas prestasi yang diraih Pemprov Babel di bawah kepemimpinan Gubernur Erzaldi Rosman.

Kembali, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima penghargaan.

Kali ini dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atas prestasi dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019, tertanggal 27 Januari 2020.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Tjahjo Kumolo kepada Gubernur Erzaldi Rosman dalam SAKIP AWARD 2019 di Radisson Golf and Convention Center Bukit Indah Sukajadi Residential Area, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (10/2/2020).

Tidak tanggung-tanggung, predikat nilai yang diraih Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dalam penghargaan ini adalah nilai BB, di antara beberapa pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang tergabung dalam Wilayah I seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Selatan.

Selain wilayah lainnya seperti Banten dan Jawa Barat. Penghargaan yang diberikan pada ajang evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 ini dilaksanakan sesuai amanat Peraturan Pemerintah No. 8/2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah serta Peraturan Presiden No. 29/2014 tentang SAKIP.

“Alhamdulillah Provinsi Bangka Belitung mendapat predikat nilai BB dalam penghargaan SAKIP tahun 2019, yang terpenting adalah bagaimana mempertahankan predikat ini bahkan meningkat di tahun-tahun yang akan datang,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman melalui wawancara via telepon. 

Menurutnya di tahun 2018, SAKIP Bangka Belitung mendapat predikat nilai B, ini artinya mengalami peningkatan menjadi BB di tahun ini.

“Ini dikarenakan antar OPD yang saling bersinergi dan tim yang solid, targetnya tahun depan agar mendapat predikat nilai A,” tambahnya.

Sebab menurutnya, hasil evaluasi SAKIP bukan hanya menitikberatkan pada nilai yang diberikan, namun juga menunjukkan kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan manfaat bagi masyarakat. 

"Insya Allah tahun depan kita akan berusaha mendapatkan Predikat A," tegas Gubernur Erzaldi.

Dengan semakin baiknya Laporan SAKIP ini, kinerja Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat akan semakin optimal, efisien, dan fokus kepada kegiatan yang telah direncanakan, dievaluasi, serta didukung dengan aplikasi yang terintegrasi, sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Tak lupa, atas penghargaan ini Gubernur Erzaldi Rosman mengucapkan terima kasih atas hasil kinerja dari semua pihak.

Sementara itu, Andi Rahadian, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB dalam press releasenya, menyebutkan penerapan SAKIP merupakan langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien.

Menurutnya, Kementerian PANRB juga memberikan rekomendasi dalam rapor tersebut,  agar setiap pemerintah daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran agar sesuai dengan sasaran yang ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat. 

Dalam menerima penghargaan ini hadir Pj Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yulizar Adnan; Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Darlan; dan sejumlah jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ikut mendampingi orang nomor satu di Kepulauan Bangka Belitung ini. (BBR)