Anggota Dewan Ini Bingung Dengan Kebijakan Pemkab Bangka Menggunakan DID Rp 38 M

Ahada
Anggota Dewan Ini Bingung Dengan Kebijakan Pemkab Bangka Menggunakan DID Rp 38 M
Anggota DPRD Kabupaten Bangka M Taufik Koriyanto. (Ist)

MENDOBARAT, BABELREVIEW.CO.ID --  Anggota DPRD Kabupaten Bangka M Taufik Koriyanto mengaku bingung dengan kebijakan Pemkab Bangka terkait bantuan sosial Covid-19 untuk masyarakat di Kabupaten Bangka.

"Uang yang digelontorkan sangat besar yakni Rp 38 Milyar. Tapi penggunaannya tidak jelas," sesal politisi Partai Gerindra ini.

Menurut Taufik, selaku wakil rakyat pihaknya sudah wanti-wanti mempertanyakan penggunaan dana yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) tersebut.

"Sudah berkali-kali kita tanya masalah ini ke pihak eksekutif (Pemkab Bangka) dana Rp 38 M ini digunakan untuk apa saja. Tetapi selalu saja tidak ada penjelasan," sesal Taufik.

Taufik menegaskan, dana sebesar Rp 38 M tersebut adalah dana yang semestinya diperuntukkan sepenuhnya buat warga masyarakat Kabupaten Bangka yang terdampak wabah Covid-19. 

"Penggunaannya harus jelas, transfaran dan tepat sesaran. Jangan terkesan tertutup begini. Ini uang rakyat jangan dipergunakan seenaknya," tegas Taufik.

Taufik juga menyesalkan jika hingga saat ini masih ada warga kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bangka yang sama sekali belum menerima bantuan.

"Saya kaget kalau sampai hari ini bantuan belum juga tersebar ke Mendobarat. Kok bisa begini, uang rakyat itu dikemanakan," sesal Taufik seraya menyebut, terkesan ada 'aroma' tak beres terkait penggunaan bantuan yang bersumber dari dana DID di Kabupaten Bangka.

"Berulang kali kita tanya, tapi tak juga digubris. Ini artinya, terkesan ada yang tidak beres dengan penggunaan dana DID ini," ungkap Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Bangka ini. 

Camat Mendobarat Hismunandar dikonfirmasi BBR membenarkan jika hingga Sabtu (25/04/2020) malam, belum ada bantuan sosial bagi warga terdampak wabah Covid-19 di wilayah yang ia pimpin.

"Dari pemerintah (Pemkab Bangka) belum ada info," kata Hismunandar, menjawab pertanyaan apakah Pemkab Bangka sudah ada menyalurkan bantuan sosial berupa sembako ke wilayah Mendobarat.

Begitu juga saat ditanya apakah kecamatan lain di wilayah Kabupaten Bangka belum juga menerima bantuan serupa, Hismunandar menjawab singkat.

"Saya belum dapat info," katanya. (BBR)
Laporan: Ichsan Mokoginta Dasin