Anggota Komisi II Sebut Aksi Kejahatan Anak di Bateng Seperti Fenomena Gunung Es

faisal
Anggota Komisi II Sebut Aksi Kejahatan Anak di Bateng Seperti Fenomena Gunung Es
Anggota Komisi III DPRD Bateng Apri Panzupi. (Foto: Faisal)

BANGKA TENGAH, BABELREVIEW.CO.ID -- Anggota Komisi II DPRD Bangka Tengah, Apri Panzupi mengatakan Kasus Pencabulan anak dibawah umur yang terjadi di Desa Celuak mencoreng Bangka Tengah sebagai predikat kabupaten layak anak.

"Dunia anak Bangka Tengah sekarang sedang berduka dengan terkuaknya kasus pencabulan anak dibawah umur di Desa Celuak yang informasinya sudah berlangsung sejak tahun 2015,"ujarnya kepada Babelreview, Senin (29/6/2020).

Dalam waktu yang bersamaan dengan terkuaknya kasus kejahatan anak di Bangka Tengah, tepat 29 Juni 2020 Indonesia sedang memperingati Hari Keluarga Nasional ke XXVII.

Ini adalah kado terburuk untuk Bangka Tengah di Harganas XXVII tahun 2020, jelas kasus ini membuktikan data dilapangan tidak selaras dengan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) yang selama ini disandang.

"Jelas Ini adalah peringatan, kami mendesak dinas terkait untuk gerak cepat dalam upaya pemulihan korban baik fisik maupun psikisnya agar tidak menimbulkan traumatic yang berkepanjangan,"tuturnya

Ia menyarankan agar gugus tugas KLA dan dinas terkait benar-benar memperhatikan serta melahirkan program-program terkait perlindungan anak secara membumi.

"Yang penting itu aplikasinya, kami melihat selama ini ada beberapa kegiatan hanya sebatas seremoni, belum menyentuh hal-hal yang substantif atas pemenuhan 31 hak anak yang tergabung dalam 5 kluster, padahal sedikitnya ada 5-6 OPD yang terlibat langsung didalam gugus tugas KLA,"terangnya

Apri menyampaikan, sejatinya tujuan umum dari KLA adalah untuk membangun inisiatif daerah yang mengarah pada upaya transformasi dan pemenuhan konvensi hak-hak anak.

"Tentu saya berharap ada aksi dan aplikasi yang benar-benar bisa menyentuh terhadap pemenuhan hak anak, kalau tidak masalah ini bisa menjadi fenomena gunung es atas kejahatan terhadap anak di Bangka Tengah,"pungkasnya. 


Editor  : Admin03