Angkat Potensi Desa, Pemdes Cambai Selatan Galangkan Budidaya Lele Metode Bioflok.

faisal
Angkat Potensi Desa, Pemdes Cambai Selatan Galangkan Budidaya Lele Metode Bioflok.
Kades Cambai Selatan, Muharam Berada di Kolam Budidaya Lele Metode Bioflok, Kamis (30/1/2020)

CAMBAI SELATAN, BABELREVIEW.CO.ID -- Program pemberdayaan masyarakat yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Babgka Tengah disetiap Desa mendapatkan sambutan baik para Pemerintah Desa (pemdes), Salah satunya Desa Cambai Selatan, Kecamatan Namang.

Dengan mengikuti trend budidaya serta komoditi ikan air tawar yang sedang naik daun, pemdes cambai selatan menggalangkan budidaya ikan lele metode bioflok dengan memanfaatkana lahan milik warga desa.

Kepala Desa Cambai Selatan, Muharam mengatakan, dirinya ingin alokasi dana desa bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar bisa memberi manfaat untuk masyarakat, salah satunya melakukan pemberdayaan dengan mengangkat potensi desa dibidang perikanan.

"Pada bulan Desember 2019 menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD), kita mulai memberdayakan warga guna mengangkat potensi desa dibidang perikanan dengan melaksanakan budidaya dengan metode bioflok,"ujarnya.

Untuk tahap awal yang dilaksanakan akhir tahun 2019 kemarin, pihaknya sudah membangun Enam kolam ikan lele dan akan ditambah lagi dengan penambahan kolam pembibitan ditahun 2020 ini.

"Saat ini kita sudah punya Enam kolam dengan ukuran 3×3 meter, Insya Allah di Tahun 2020 ini kita akan tambah kolam lagi untuk pembenihan guna mengurangi biaya beli bibit yang gunakan untuk proses budidaya selanjutnya,"ucap kades.

Ia menerangkan, dalam tahap awal pihaknya sudah menaburkan benih lele sebanyak 12 ribu dengan Enam kolam dan saat ini terus dilakukan pengawasan guna mengejar panen perdana sesuai target yang diinginkan.

"Bila dilakukan dengan baik dengan bantuan orang-orang yang kompeten dibidang perikanan, kita yakin panen perdana yang diprediksi Dua bulan lagi akan berjalan sesuai target dan hasilnya pun akan kita putar terus untuk proses budisaya selanjutnya,"terangnya.

Dirinya menuturkan, dengan penerapan metode bioflok yang lebih efektif dan tidak memakan ruang ini bisa menjadi contoh agar masyarakat bisa mengaplikasikannya untuk dikelola sendiri sehingga bisa menjadi sumber penghasilan.

"Konsep budidaya ikan lele dengan metode bioflok ini sangat bisa dilakukan oleh semua kalangan, bahkan di tempat yang sempit sekalipun, ditambah tidak terlalu memakan biaya yang tinggi sehingga sangat mungkin bisa diterapkan okeh warga dengan memanfaatkan perkarangan rumah,"pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Faisal

Editor     : Admin03

Sumber  : Babel Review