Antisipasi Arus Mudik, Lanal dan Dit Polairud Babel Siapkan Alutsista di Pelabuhan

kasmirudin
Antisipasi Arus Mudik, Lanal dan Dit Polairud Babel Siapkan Alutsista di Pelabuhan
Lanal Bangka Belitung bersama dengan Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung bersiaga di sejumlah pelabuhan untuk menjaga masyarakat yang masuk ke Babel. (Foto: Diko Subadya)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Danlanal Bangka Belitung, Kolonel Laut P Dudik Kuswoyo, mengatakan pihaknya siap melakukan penyiagaan guna mengantisipasi arus mudik di beberapa pelabuhan di Provinsi Bangka Belitung bersama dengan Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung.

Ia mengungkapkan, alutsista dan kapal patroli baik milik Lanal Babel maupun Direktorat Polairud telah disiagakan di seluruh pelabuhan yang ada di Babel, seperti Pelabuhan Pangkalbalam, Muntok, Sungaiselan, Sadai, Belinyu maupun di Pulau Belitung.

“Kami tempatkan petugas di pelabuhan atau di dermaga yang kiranya ada indikasi dilalui para pemudik yang balik ke Babel, di situ kita pasang alat patroli," katanya.

Tak hanya di pelabuhan resmi saja, Dudik juga menegaskan pihaknya akan menyiagakan para petugas di pelabuhan-pelabuhan tikus yang biasa dilalui.

“Saya sebutkan pelabuhan tikus di Babel ini ada 25 hingga 30 pelabuhan, yang rutin dilalui itu akan diawasi. Meski cukup terkendala tranportasi dan alutista, tapi kita akan lakukan penyiagaan dengan maksimal," ungkapnya.

Ia juga menegaskan, pihaknya berhak mencegah atau membatalkan masyarakat yang datang ke Babel namun tidak memenuhi prosedur dan persyaratan yang telah ditetapkan.

"Misalnya tidak ada surat keterangan kesehatan, yang menyatakan hasil rapid test non reaktif, maka tidak akan kita berikan izin," pungkasnya. (BBR)


Penulis  : Diko Subadya 

Editor    : Kasmir