Apakah Diperlukan Berita Pencitraan? Tanya Relawan PMI Babel

Ahada
Apakah Diperlukan Berita Pencitraan? Tanya Relawan PMI Babel
Panitia dan peserta pelatihan jurnalistik Relawan PMI se Babel foto bersama Kepala Dinas Kesehatan Drg Mulyono Susanto dan Sekretaris PMI Babel Mardani SKom, di Hotel Cordela Pangkalpinang, Kamis (16/7/2020). (Ist)

PANGKALPINANG, BABELREVIEW.CO.ID -- Mudah dan sederhana dalam memahami persoalan jurnalistik. Begitulah yang dirasakan 25 peserta Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan Relawan PMI Babel.

Cara penyampaian materi yang sederhana telah membuat hampir seluruh peserta termotivasi untuk lebih menekuni dunia tulis menulis.

Sehingga, tak heran sejak selesai mengikuti pelatihan jurnalisik di Hotel Cordela Pangkalpinang, Kamis (16/7/2020) lalu, kini banyak diantara relawan PMI mulai giat menulis berbagai kegiatan PMI se Bangka Belitung.

"Saya  sangat berkesan saat mengikuti pelatihan jurnalistik. Karena selain menambah kawan, juga memberikan wawasan saya dalam menulis atau membuat berita," ujar Suci Salsabila, salah satu peserta pelatihan jurnalistik dari Unit Perti Poltekes Kemenkes.

Bagi para relawan PMI se Bangka Belitung, pelatihan jurnalisik dan kehumasan ini cukup penting untuk menambah wawasan dan memotivasi minat menulis.

Apalagi dizaman digitalisasi ini, informasi harus cepat dibagikan kepada masyarakat, agar lebih banyak informasi positif yang diterima oleh publik.

"Apa memang perlu memberitakan pencitraan," tanya salah satu peserta keada narasumber Dodi Hendriyanto.

"Sangat perlu. Harusnya lembaga, instansi, organisasi maupun komunitas wajib membuat berita pencitraan masing-masing. Tetapi haruslah fakta. Agar energi positif dan optimisme bisa dibagikan dan sebarkan kepada masyarakat," jawab Dodi.

Pelatihan Jurnalistik dan Kehumasan Relawan PMI Babel beberapa waktu lalu tersebut memang mendatangkan narasumber Pimred Babel Review Dodi Hendriyanto dan ahli kehumasan Irwanto SH.

Ketika itu acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Babel Drg Mulyono Susanto, mewakili Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah.

Ikut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Ketua Pelaksana Kegiatan Ahmad Sirajudin, Sekretaris PMI Babel Mardani SKom, serta para Pengurus PMI Babel.

"Kami sangat berharap kegiatan pelatihan jurnalistik bisa bermanfaat bagi keberadaan dan kejayaan PMI dimasa yang akan datang," ujar Ahmad Sirajudin.

Senada juga diharapkan Sekretaris PMI Babel Mardani SKom. Menurut Mardani, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para staf dan relawan PMI dalam meliput, menulis, dan menyampaikan berita terkait informasi, isu dan laporan kegiatan yang dilakukan PMI,  selain kegiatan rutin PMI yakni membantu dan memberi pertolongan kemanusiaan kepada masyarakat.  

Didapuk menjadi salah satu pemateri ketika itu adalah Dodi Hendriyanto, Pimred Babel Review.

Cara penyampaian materi yang sangat komunikatif, sehingga memotivasi peserta untuk menggali lebih detail tentang dunia jurnalistik dan dilemanya.

Kapasitasnya yang mumpuni Bangdoi --sapaan akrab Dodi Hendriyanto ini--  sukses menyampaikan materi Dasar-Dasar Jurnalistik, Feature dan Teknik Wawancara. (BBR)

Laporan: Mardayani KSR PMI Bateng